Header Ads

Bangkitlah Tekad Patriotisme Dan Sikap Nasionalisme Generasi Muda Bangsa Indonesia https://ift.tt/eA8V8J

Bangkitlah Tekad Patriotisme Dan Sikap Nasionalisme Generasi Muda Bangsa Indonesia https://ift.tt/eA8V8J
Bangkitlah Tekad Patriotisme Dan Sikap Nasionalisme Generasi Muda Bangsa Indonesia https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Sebagai pemuda bangsa Indonesia bagaimana sikap kita untuk mempertahankan kemerdekaan ini? Apakah kalian sebagai pemuda rela untuk mengorbankan bangsanya sendiri rela runtuh karena pemuda bangsa yang tidak peduli dengan bangsa nya sendiri? Apa gunanya jika pahlawan yang bersih keras untuk membela bangsa demi kemerdekaan ini ?

Generasi muda adalah harapan bangsa untuk membangun dan meneruskan cita-cita bangsa atas nasib bangsa di tahun-tahun yang akan mendatang. Generasi muda sumber semangat, penuh harapan dan gigih untuk mencapai mimpi dan mewujudkan cita-cita. Semangat para pemuda begitu gigih membela bangsa, dengan ini jangan pernah membiarkan nasib jiwa muda terganggu oleh pengaruh-pengaruh yang menjeremuskan para pemuda bangsa.

Merusak jiwa bangsa sangatlah mudah, namun membangun karakter anak bangsa sangatlah sulit membangun karakter bangsa tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan namun membutuhkan proses dan langkah yang benar untuk menciptakan karakter yang anak bangsa yang baik dan memiliki budi pekerti.

Generasi muda memang diciptakan untuk berkarakter membangun bangsa untuk membangun visi dan misi bangsa agar menjadi bangsa yang kokoh dan dapat mempertahankan keutuhan dari segala ancaman. Dengan ini generasi pemuda harus di mempunyai sikap nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsanya sendiri.

Nasionalisme adalah suatu paham ajaran untuk mencintai bangsa dan negaranya sendiri wujud kesadaran diri masyarakat untuk mencapai cita-cita bangsa, mempertahankan keutuhan bangsa dan negara, mengabdi serta menjaga kemakmuran dan keutuhan bangsa dan negara. Sikap patriotisme yang sikap kukuh, pemberani dan rela berkorban memang harus di tanamkan di dalam diri pemuda Indonesia.

Mengingat dahulu dengan adanya banyak pemberontakan dan penjajahan dari negara lain. Pahlawan Indonesia dahulu yang telah bersikap tumpah darah, pasrah dan bahkan berserah diri dalam kematian hanya untuk membela bangsanya sendiri demi kesekmakmuran hidup dan membela hak-hak hidup rakyat Indonesia.

Beberapa penyemangat bangsa yang telah disampaikan oleh pahlawan-pahlawan salah satunya adalah ikar Sumpah Pemuda pada akhir Kongres Pemuda ke-2 pada tanggal 27-28 Oktober tahun 1928 yang dahulu berada di Batavia (Jakarta).

Sumpah Pemuda memiliki arti sangat penting bagi berdirinya bangsa yaitu sebagai bukti otentik kelahiran bangsa Indonesia yang menjadi bangsa kesatuan, membangkitkan dan menjaga rasa nasionalisme, untuk mendorong sebuah semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar erat, dan sebagai daya ingat bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai budaya, suku, etnis, bahasa, ras, agama yang sebagai alat untuk mempersatukan bangsa walaupun memiliki banyak ragam.

Kedua penyemangat generasi muda bangsa adalah pidato dari Bung Karno, “Beri aku 1.000 orang tua, niacaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan mengguncangkan dunia.” Pidato yang disampaikan oleh Bung Karno tersebut menggambarkan betapa melejitnya perubahan pemuda, pemuda yang memiliki semangat yang besar untuk memperjuangkan negaranya dari penjajahan kolonial pada saat itu.

Dari sejarah sumpah pemuda dapat mendapat kan kutipan nilai-nilai yang dapat diambil pada generasi muda. Dahulu pemuda sangat bergegas untuk melawan panjajah dan mempersatuan para pemuda lainnya. Memang pemuda pada waktu itu telah mengubah keadaan dalam memperjuangkan pergerakan nasional untuk bangkit. Lantas bagaimana sikap pemuda sekarang yang bergegas untuk pemersatu bangsa? Dibanding pemuda jaman dahulu sangatlah berbeda dalam konteks apapun.

Kini Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki letak wilayah yang strategis darat ataupun laut. Dengan ini sangatlah mudah untuk memberikan pengaruh dari luar, budaya asing sangatlah mudah keluar-masuk untuk mempengharuhi budayanya untuk di terapkan di negara Indonesia.

Perlu di tegaskan peran generasi muda penerus bangsa agar tidak melemahnya semangat nasionalisme dan kepedulian terhadap bangsa. Kita sebagai generasi pemuda bangsa menginginkan menjadi bangsa yang selalu sejahtera bukan?

Untuk menghadapi perubahan globalisasi pada zaman yang semakin maju ini generasi pemuda dapat meningkatkan kepeduliaan terhadap negara yaitu harus kritis terhadap sesuatu hal yang baru untuk menyaring budaya-budaya yang masuk dalam negara. Pemuda penerus bangsa harus merubah kebiasaan yang konsumtif agar tidak konsumtif terhadap suatu produk.

Peran pemuda masih banyak lagi demi melindungi negara, pemuda penerus bangsa juga harus menjaga kemanan negara. Untuk mencapai tujuan tidaklah mudah pemuda harus di dasari tekad membangun bangsa, akan perubahan generasi muda.

Sebagai pemuda janganlah menjadi pemuda yang diam akan bangsamu, bergeraklah bangsamu membutuhkan mu.

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2uuqvUs
via
via Blogger https://ift.tt/2us0ogC

via Blogger https://ift.tt/2mnjujD

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.