Header Ads

Perubahan Mobile Brigade menjadi Brigade Mobile Polri (Brimob Polri) https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Sesuai dengan perkembangan keadaan, maka pada saat peringatan HUT Brimob tanggal 14 Nopember 1961, sebutan Korps Mobile Brigade telah diganti sendiri oleh Presiden Soekarno selaku Kepala Negara dengan sebutan Korps Brigade Mobile (disesuaikan dengan istilah bahasa Indonesia yang baku dan benar berdasarkan hukum DM).

Dan pada saat itu pula Korps Brigade Mobile Polri mendapatkan penghargaan “Nugraha Sakanti Jana Utama” berdasarkan bahwa Korps Brimob dalam jangka waktu 15 tahun sejak didirikannya pada tanggal 14 Nopember 1946 sampai 14 Nopember 1961 dengan penuh kewaspadaan telah berbhakti dan berdarma guna kepentingan tugas kepolisian sehingga sebagai kesatuan yang terpercaya patut menjadi tauladan yang dapat memelihara dan memajukan sifat-sifat kepolisian sejati (Surat Keputusan Presiden RI No. 591 tahun 1961).

Dengan penghargaan ini Korps Brigade Mobile adalah satu-satunya kesatuan yang pertama mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

Dan pada saat pelaksanaan HUT Korps Brimob Polri yang ke-XX (dua puluh) tahun 1965, Presiden Sukarno dalam sambutannya juga mengakui akan peran serta satuan Brimob Polri dalam menghadapi peristiwa “ Gerakan 30 September”.

Penulis : Rexi

Editor : Tahang

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2z7AfWK
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.