Header Ads

Apa Itu Begal Dan Tips Mengatasinya https://ift.tt/eA8V8J

Apa Itu Begal Dan Tips Mengatasinya https://ift.tt/eA8V8J
Apa Itu Begal Dan Tips Mengatasinya https://ift.tt/eA8V8J
Apa Itu Begal Dan Tips Mengatasinya https://ift.tt/eA8V8J
Apa Itu Begal Dan Tips Mengatasinya https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Begal salah satu tindakan kriminal seperti “perampasan , pemerasan , perampokan, jambret, dan lain semacamnya yang merugikan orang lain dan memaksa. dimana aksi perampasan sudah menyebar di seluruh masyarakat ,yang akibatnya disekitar desa/masyarakat tersebut tidak berani berpergian keluar rumah dengan menggunakan perhiasan atau benda yang berharga sendirian, karena takut dibegal.

Para begal sudah tidak lagi mempedulikan waktu dan lingkungan. Meskipun di jam sibuk dan berada di kawasan ramai, mereka tetap nekat beraksi. Selalu waspada di jalanan menjadi kunci keselamatan bagi para pengendara. Berikut adalah beberapa tips menghindari :
1. Jangan terlihat lesu
Biasanya sasaran para begal adalah para karyawan yang baru pulang kerja, terutama wanita. Mereka terlihat dari posisi berkendara seperti mengantuk, lelah, dan tubuh miring seperti malas. Usahakan berkendara dalam kondisi tidak mengantuk. Jika terpaksa, selalu ajak teman atau seseorang untuk berkendara bersama.

2. Jangan berkendara dengan kecepatan konstan
Salah satu sasaran empuk para begal adalah pengendara yang berjalan dengan kecepatan konstan dan tidak mengubah kecepatan selama kurang lebih 5 menit. Karena itu sesekali tambah kecepatan. Para begal biasanya agak berpikir lebih panjang menyerang calon korban yang terlihat lihai berkendara dan “senang bermain” dengan motornya.

3. Selalu pakai spion dengan posisi yang tepat
Salah satu kebiasaan buruk pengendara motor di Indonesia adalah tidak memperhatikan pentingnya kaca spion. Banyak pengendara motor memakai kaca spion yang kecil dan tidak standar, tidak membetulkan posisi kaca spion, memakai kaca spion yang sudah pecah, atau bahkan tidak memakai spion sama sekali. Perlu diketahui, para begal suka sekali dengan motor yang tanpa spion agar mereka tidak akan terpantau saat hendak beraksi.

4. usahakan jangan berpergian pada malam hari apalagi tengah malam, hal ini berpotensi terhadap kejahatan perampokan, ataupun pembunuhan.

5. Jika memang harus keluar malam hari, jangan memilih tempat yang sepi walaupun mungkin itu akan menyingkat waktu. Lebih baik memilih tempat yang ramai, biarpun lebih jauh tidak masalah.

6. Jangan pergi sendirian, naluri penjahat akan mencoba melakukan aksinya kepada lawan yang dianggapnya mampu dia taklukkan dengan mudah, setidaknya jika kita berpergian lebih dari 1 orang, kemungkinan penjahat tersebut mengurungkan niatnya.

7. Jika merasa diikuti oleh seseorang, sesegeralah menuju tempat yang ramai.

8. Berhati2lah kepada orang yang berpura2 menanyakan alamat, pastikan terlebih dahulu bahwa di sekeliling anda terdapat orang banyak, jika ada yang menanyakan alamat pada tempat yang sepi, lebih baik anda berhati2.

9. Jangan melamun di saat dalam perjalanan, hal ini sangat penting karena jika kita tidak sadar, dan ada yang mengikuti kita, kita tidak akan tahu.

10. Jika di depan anda, ada kendaraan yang anda kenal, berjarak dekatlah, hal ini akan meminimalkan kemungkinan tindak kejahatan, karena penjahat juga tidak mau aksi kejahatannya dilihat orang lain.

11. Jika anda mengantuk dan anda ingin berhenti, pastikan anda berhenti di tempat yang anda kenal atau setidaknya di tempat yang ramai atau dekat dengan kantor polisi.

12. Jika anda melihat ada gerombolan orang jauh di depan sana, usahakan jangan sengaja melewatinya, pilihlah alternatif lain. Biasanya orang banyak akan merasa lebih berani untuk melakukan kejahatan.

13. Jika anda sudah terlambat untuk mencegah terjadinya kejahatan, lebih baik anda menyerahkan harta anda, daripada anda harus kehilangan nyawa anda. Tinggalkanlah kendaraan anda, kemudian larilah sekencang2nya ke rumah warga. Ini adalah langkah terakhir yang anda harus lakukan jika anda benar2 dalam keadaan bahaya.

14. Menghafal posisi kantor Polisi di rute yang sering kita lalui. Harapannya, kalau ada kesempatan kabur, inilah tempat tujuannya. Pasti aman deh. Lebih aman lagi kalau diikutkan asuransi, jadi pas apes kejadian motor dirampok bisa klaim.

Semoga bermanfaat,

 

Penulis    : Yolan

Editor       : Edi

Publish     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2L0K3ZV
via
via Blogger https://ift.tt/2mgtYl7

via Blogger https://ift.tt/2mgzB2J

via Blogger https://ift.tt/2mcVWy1

via Blogger https://ift.tt/2JfQ8gj
Diberdayakan oleh Blogger.