Header Ads

Manfaat dan Dampak Pengunaan Helm Yang Ditimbulkan https://ift.tt/eA8V8J

Manfaat dan Dampak Pengunaan Helm Yang Ditimbulkan https://ift.tt/eA8V8J
Manfaat dan Dampak Pengunaan Helm Yang Ditimbulkan https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Saat ini, menggunakan sepeda motor sudah menjadi kebutuhan bagi setiap kalangan terutama dikalangan pelajar. Bagi pelajar yang mengendarai sepeda motor setiap hari, berhati-hati dan menjaga keselamatan saat dijalan sangat penting salah satunya dengan menggunakan helm. Apalagi kewajiban menggunakan helm sudah menjadi salah satu aturan di sekolah-sekolah. Tetapi dari beberapa pelajar yang mengendarai sepeda motor, hampir 90% pelajar belum menggunakan helm untuk menjaga keselamatan, bagi mereka menggunakan helm sangat tidak nyaman. Walaupun mereka sadar bahwa helm memang penting untuk menjaga kepala mereka dari benturan jika terjadi kecelakaan. Kegunaan helm sangat banyak bagi pengendara sepeda motor.
Pasti kamu sering mengabaikan helm saat mengendarai motor. Padahal kamu tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya. Kecelakaan pengendara motor paling tinggi persentasenya. Itu karena keadaan yang dialami pengendara motor lebih parah daripada pengendara mobil.
Banyak alasan pengendara motor tak memakai helm, seperti panas, atau kepala terasa berat. Dan banyak pula pengendara motor yang menginggal karena tidak memakai hel.
Lalu apakah hanya pengendara motor saja yang memakai helm? Tentu tidak. Ada beberapa profesi yang wajib menggunakan helm, seperti pekerja proyek bangunan, yang memiliki resiko keamanan sangat besar, maka dari itu mereka menggunakan helm.
• Hakikat Helm
Dalam melakukan aktivitas yang beresiko, manusia haruslah bisa menjaga keselamatan dirinya sendiri, seperti halnya saat mengendarai sepeda motor, kita sudah sering melihat dan mendengar banyaknya pengendara yang mengalami kecelakaan saat mengendari sepeda motor. Jadi menjaga keamanan sangatlah penting salah satunya yaitu menggunakan helm. Helm merupakan alat pelindung kepala yang sangat berguna bila terjadi kecelakaan.
• Pengertian Helm
– Helm merupakan bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan dikepala. Dengan menggunakan helm, para pengendara bisa terhindar dari benturan jika terjadi kecelakaan

– Helm (Bahasa Belanda) adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan dikepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastic. Jadi dapat kita simpulkan bahwa helm merupakan salah satu alat pengaman yang dipakai dikepala untuk menjaga keselamatan.

• Kegunaan Helm
Sudah kita ketahui bahwa helm sangatlah penting dan bermanfaat bagi keselamatan saat berkendara. Tapi tahukah anda, banyak sekali berbagai jenis helm yang beredar dipasaran, mulai dari helm yang berkualitas tinggi dan berkualitas rendah. Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan IPTEK, hadir helm-helm dengan inovasi terbaru yang lebih modern dan dilengkapi dengan keistimewaan-keistimewaan yang membuat pengendara lebih nyaman dalam menggunakan helm.
1. Melindungi kepala dari benturan yang sangat keras saat terjadi kecelakaan.
2. Melindungi mata dari debu, kotoran, angin atau benda-benda lain.
3. Melindungi kepala dari terik matahari.
4. Melindungi kepala dari hujan.
5. Serta terhindar dari tilang polisi saat razia.

• dampak yang ditimbulkan dari penggunaan helm :
1. Helm bisa menyebabkan gangguan pendengaran.
2. Apabila kita memakai helm dengan beban helm yang berlebihan dapat mengakibatkan tertekannya syaraf-syaraf sekitar tulang leher kita.
3. Jika kita memakai helm kekecilan dan tidak sesuai dengan ukuran kepala kita akan mengakibatkan tidak lancarnya peredaran darah disekitar kepala. Sedangkan kita tahu bahwa mayoritas darah kita berada disekitar kepala

kita harus meningkatkan kesadaran dan mulai menggunakan helm saat melakukan aktivitas beresiko terutama saat mengendarai sepeda motor.

 

Penulis    : Yolan

Editor      : Edi

Publish    : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2KO8o5T
via
via Blogger https://ift.tt/2zxb6Yr

via Blogger https://ift.tt/2zDsPx8
Diberdayakan oleh Blogger.