Header Ads

Setia Kawan, Toleransi, dan Harmoni merupakan Kerukunan Bangsa https://ift.tt/eA8V8J

Setia Kawan, Toleransi, dan Harmoni merupakan Kerukunan Bangsa https://ift.tt/eA8V8J
Setia Kawan, Toleransi, dan Harmoni merupakan Kerukunan Bangsa https://ift.tt/eA8V8J
Setia Kawan, Toleransi, dan Harmoni merupakan Kerukunan Bangsa https://ift.tt/eA8V8J

Saat ini kita sering mendapati seseorang atau satu pihak merasa lebih tinggi dibanding pihak yang lain. Padahal jika kita sadar, kita dilahirkan dengan derajat yang sama, satu terhadap lainnya. Tidak ada hal fitri yang membuat satu pihak lebih tinggi dari yang lain.

Begitu sulitkan manusia mengasihi sesamanya yang lain ? Seharusnya tidak. Perseteruan antara manusia  itu adalah ketidaksadaran bahwa musuh utama dari apa yang terlihat di depan mata bukanlah pihak sebenarnya yang menjadi musuh. Musuh sebenarnya adalah diri sendiri. Ego terhadap dirinya sendiri. Merasa diri lebih hebat dan lebih benar dibanding yang lain. Kemudian mereka mencerca pihak lain bahkan menindas pihak yang berbeda dengan dirinya.

Kita harus sadar bahwa manusia tidak akan bisa bertahan hidup di bumi ini jika mereka hidup secara individual. Seiring proses berjalannya waktu yang membantu manusia menyadari bahwa pertikaian yang terjadi di antara mereka tidak dapat mendatangkan kebahagiaan dan sukacita melainkan mendatangkan dukacita serta kepedihan.Pertikaian, cerca, dan menganggap diri lebih tinggi dibanding yang lain itu punya batas-batas.

Hal-hal yang harus kita sadari untuk dapat membuat diri bahagia, rukun sebagai pribadi dan sebagai bangsa adalah : Adanya sikap rendah hati, toleransi dan setiakawan sebagai pribadi terhadap pribadi yang lain.  Harmonisasi ini mutlak diperlukan dalam hidup bermasyarakat.

Toleransi sangat diperlukan di masa kini karena Indonesia yang sangat luas ini terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama serta sangat rawan akan terjadinya konflik pertikaian jika seandainya saja setiap pribadi tidak mau saling bertoleransi. Oleh karena itu marilah dimulai setiap dari kita bersedia berkomitmen untuk mau mengusahakan kehidupan bermasyarakat yang rukun dan damai.

Ciptakanlah tri kerukunan umat beragama, yang mencakup: Kerukunan internal umat beragama, kerukunan antar umat beragama, dan kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah. Jika kerukunan di antara umat beragama dapat terjalin dengan baik tidak hanya masyarakat yang harmonis tapi negara juga akan aman.

 

Penulis : Gilang

Editor : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2JgxJ2J
via
via Blogger https://ift.tt/2KTYTCt

via Blogger https://ift.tt/2Nfp17x

via Blogger https://ift.tt/2L9KNMp
Diberdayakan oleh Blogger.