Header Ads

6 Tips Anti Mabuk Laut https://ift.tt/eA8V8J

6 Tips Anti Mabuk Laut https://ift.tt/eA8V8J

Tribatanews.kepri.polri.go.id – Baik Anda sedang bepergian naik kapal atau road trip lintas pulau, perjalanan laut seringkali membuat mabuk alias seasick. Simak 6 tips ini agar terhindar dari mabuk laut.

Mabuk laut tidak hanya bisa terjadi pada perjalanan jauh. Naik kapal ferry dalam jarak dekat, misal Jawa-Bali atau Jawa-Sumatera juga terkadang bisa membuat pusing dan mual. Terutama jika ombak sedang tinggi, ditambah kapalnya yang tergolong kecil.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari mabuk laut. berikut daftarnya.

1. Isi perut 30 menit-1 jam sebelum berangkat

Penting bagi wisatawan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum naik kapal. Namun, jangan makan terlalu banyak dengan jarak waktu terlalu dekat sebelum kapal berangkat. Ini hanya akan membuat Anda mual karena kekenyangan.

Makanlah sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum berangkat. Jika perjalanan kapal relatif lama, jangan lupa beli makanan terlebih dahulu untuk dikonsumsi di atas kapal. Jangan biarkan perut Anda kosong terlalu lama untuk menghindari masuk angin di perjalanan.

2. Bawa obat anti mabuk

Sebelum berangkat, usahakan sedia obat anti mabuk terutama jika Anda mudah mual. Kalau ingin perjalanan laut terasa cepat, minumlah obat 15 menit sebelum perjalanan. Namun begitu sampai di kapal, gunakan tempat duduk yang nyaman dan aman. Simpan tas di dekat Anda, jangan sampai terlepas dari pandangan.

3. Duduk di dek luar

Mayoritas kapal punya dek AC dan dek luar. Jika mulai merasa luar, carilah angin segar di dek luar. Biasanya dek luar berada di bagian belakang serta atas kapal.

Selain bangku, di dek bagian luar biasanya terdapat kantin atau warung. Anda bisa memesan kopi atau teh, atau minuman dingin untuk mengatasi mual. Jalan-jalan keliling kapal juga efektif untuk mengalihkan rasa mual.

4. Menonton TV atau mendengarkan musik

Hampir setiap kapal ferry punya televisi, terutama di dek bagian dalam. Anda bisa ikut menonton TV bersama penumpang lainnya. Tak jarang petugas kapal memutar film-film mulai dari asli Indonesia sampai film luar.

Jika tayangan TV dirasa membosankan, coba dengarkan musik di ponsel atau gadget Anda. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda mengisi list musik atau video-video seru untuk ditonton di kapal.

5. Melihat sejauh mata memandang

Jika mulai merasa mual, cobalah menuju dek luar dan lihatlah sejauh mata memandang. Jangan melihat ke bawah, lebih baik arahkan pandangan ke langit atau awan. Terutama jika di sekitar Anda terdapat gugusan pulau, atau kapal lain yang terlihat.

6. Hindari aroma tak sedap

Tak sedikit sumber bau tak sedap yang akan Anda temui dalam perjalanan laut, dan seringkali hal ini bisa membuat Anda mabuk. Bau solar misalnya, bisa dihindari dengan cara duduk sejauh mungkin dengan mesin. Bau rekan yang mabuk juga bisa memancing rasa mual, jadi pindahlah jauh-jauh.



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2ss7LmE
via
via Blogger https://ift.tt/2J1SvrO
Diberdayakan oleh Blogger.