Header Ads

Ini Dia Manfaat Membaca ! https://ift.tt/eA8V8J

Tribatanews.kepri.polri.go.id – Membaca, kebiasaan yang mungkin kini jarang dilakukan banyak anak muda. Kaum millenial lebih akrab dengan gadget, buku seperti barang asing. Padahal membaca punya banyak manfaat lho.


Buat kamu yang tidak suka membaca, mungkin beberapa alasan di bawah ini bisa mengubah pola pikirmu.

 

·         Membaca membuatmu lebih pintar dan lebih lama

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa otak itu layaknya otot. Jika tidak dilatih maka akan berhenti bekerja. Membaca merupakan aktivitas kognitif yang bisa menstimulasi otak dan menjadi ‘olahraganya’ otak. Membaca bisa meningkatkan fungsi memori kita. Itu berarti otak kita akan aktif lebih lama dan menjauhkan kita dari risiko hilangnya memori, demensia, dan penyakit lain seperti alzheimer.

·         Membaca membantu kamu yang mengalami ketergantungan gadget
Sekarang saatnya habiskan waktu kamu dengan buku favoritmu. Dengan sibuk membaca kamu akan lupa dengan smartphone, update media sosial, laptop, untuk sementara. Kenapa penting untuk tidak ketergantngan gadget? Anak muda yang ketergantungan dengan teknologi cenderung mengarah pada stres, depresi, dan kelelahan.

·         Membaca membantu kamu menghilangkan stres
Dengan berkutat bersama buku kamu akan lupa dengan dunia sekitar untuk sementara. Membaca telah dibuktikan melalui penelitian bahwa mampu mengurangi stres walaupun hanya membaca 6 menit perhari. Efeknya akan lebih bagus ketika kamu menghabiskan waktu lebih lama.

·         Membaca membantu tidur lebih nyenyak

American Academy of Pediatrics pada penelitiannya mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu sebelum tidur sambil bermain gadget seperti handphone dan laptop cenderung akan memberi dampak negatif pada tidur kita, dan mengurangi durasi tidur kita. membaca buku sebelum tidur justru membantu kamu beristirahat. Dengan menjadikan membaca buku sebelum tidur sebagai kebiasaan, ini bisa menjadi sinyal ke

otak bahwa sudah waktunya untuk tidur.

 

·         Membaca meningkatkan konsentrasi

Hidup di era arus informasi yang sangat mudah, hanya diujung jari begitu banyak gangguan yang bisa membuatmu gagal fokus. Pemberitahuan Facebook, status terbaru dari teman di Instagram, dan lain-lain. Membaca membantu kamu berkonsentrasi dan meningkatkan fokus. Dengan membaca 20 menit perhari, kamu akan melatih otak untuk tetap fokus untuk waktu yang cukup lama.

 

·         Membaca bisa membuatmu lebih kreatif

Membaca mendorong kita untuk memahami plot, atau argumen yang diajukan dan membantu kita untuk menguraikan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Hal ini berlaku untuk semua bentuk kehidupan. Membaca dan memutuskan apakah artikel itu ditulis dengan baik, atau apakah kita setuju dengan apa yang dikatakan, atau apakah kita menikmati karakter tertentu, membantu kita untuk lebih kreatif dalam hidup kita sendiri karena meningkatkan fungsi otak dan kognisi.

 

·         Membaca membantu kita memahami diri sendiri

Membaca membantu kita untuk memahami kenapa kita setuju atau tidak setuju dengan sebuah karakter, atau sebuah sudut pandang. Hal itu bukan hanya membuat kita lebih pintar, menjadi pribadi yang lebih berempati, tapi juga menjadi seseorang yang memahami persepsi kita sendiri.

 

·         Membaca membantu kita berkomunikasi lebih baik

Membaca akan meningkatkan jumlah kosakata yang kita kuasai dan pastinya ini akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Orang yang gemar membaca memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan, dan pastinya membuat orang yang diajak berkomunikasi memahami apa poin yang ingin kita tuju. 

 

·         Membaca membantu kita berkomunikasi lebih baik

Membaca akan meningkatkan jumlah kosakata yang kita kuasai dan pastinya ini akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Orang yang gemar membaca memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan apa yang mereka rasakan, dan pastinya membuat orang yang diajak berkomunikasi memahami apa poin yang ingin kita tuju.

 

·         Membaca adalah hiburan gratis

Buku favoritmu mahal? Pergi saja ke perpustakaan. Membaca adalah hiburan gratis yang bisa kamu dapatkan. Apalagi dengan kantong seorang pelajar.



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2kEzdKx
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.