Header Ads

Be Smart !! Propaganda, Agitasi, Hatespeech, dan Hoaks ?? https://ift.tt/eA8V8J

Tribatanews.kepri.polri.go.id – Indonesia termasuk negara berkembang, sehingga masih banyak permasalahan yang terjadi baik di bidang ekonomi, sosial politik, dll. Negara Maju saja masih memiliki beberapa permasalahan. Masalah yang terjadi di Indonesia saling berkaitan satu sama lain. Pemerintah terus berbenah untuk mengurangi masalah tersebut. Namun dukungan dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk mempercepat penyelesaian segala permasalahan yang ada. Berikut adalah masalah-masalah yang belakangan terjadi di Indonesia. Langsung saja kita simak, berikut dengan pemahamanya.

Propaganda

Propaganda (dari bahasa Latin modern: propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan) adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang

Agitasi (Hasutan)

Biasanya berbentuk ajakan untuk unjuk rasa (demonstrasi) dengan tujuan untuk mendiskreditkan kinerja Kepolisian dan Pemerintah

Hatespeech (ujaran kebencian)

adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau

kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan, agama, dan lain-lain.

Hoaks

adalah sebuah kabar atau berita palsu yang disebar dengan tujuan tertentu. Sehingga berita yang tadinya palsu tersebut, seolah-olah tampak benar dan nyata adanya. Padahal berita tersebut adalah berita bohong yang tidak jelas asal-usul, sumber dan kebenaran nya.

TUJUAN DAN DAMPAK HOAKS :

 

1. Provokasi dan agitasi negatif

2. Menyulut kebencian,kemarahan, dan hasutan kepada orang banyak untuk mengadakan huru-hara, pemberontakan dll.

3. Membentuk persepsi negatif untuk memanipulasi alam pikiran dan memberikan respon seperti keinginan pembuat berita palsu.

4. Menimbulkan opini negatif sehingga terjadi disintegrasi bangsa, dll.

 

Semoga Bermanfaat.



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2H5qEkt
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.