Header Ads

Hal-Hal Menarik yang Terjadinya Saat Ramadan https://ift.tt/eA8V8J

Tribatanews.kepri.polri.go.id – Bulan puasa atau bulan Ramadan adalah waktu bagi umat muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan puasa wajib selama satu bulan penuh. Beberapa tantangan ibadah puasa yang sudah akrab dijalani di antaranya adalah menahan lapar, dahaga, juga menahan kesabaran.

Nah, pada bulan Ramadan biasanya ada beberapa hal yang jadi topik pembahasan, juga fenomena yang muncul di tengah publik. Apa saja itu?

Makan di Depan Umum

Di Indonesia, tak ada larangan untuk makan atau minum di depan publik saat bulan puasa, meski ada beberapa daerah yang melakukan razia dan menimbulkan kehebohan, seperti yang terjadi di Serang. Tapi biasanya, rumah-rumah makan atau restoran yang buka saat bulan puasa menutup ruangannya supaya mereka yang sedang makan di dalam tak terlihat dari luar. Nah di negara Timur Tengah, makan sembarangan di depan publik saat bulan puasa adalah tindakan kriminal loh. Seperti di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, dan sebagainya.

Program Religi di Stasiun Televisi

Biasanya, pada bulan Ramadan, stasiun-stasiun televisi akan berlomba-lomba menayangkan program bertema religi. Mulai dari sinetron, acara reality show, komedi, kontes, ceramah, dan sebagainya.

Perubahan Waktu Kerja

Di negara-negara yang memiliki mayoritas umat Islam, pemerintah biasanya akan memberikan pengurangan jam kantor ataupun jam sekolah. Di sini juga, bukan? Tapi kebetulan bulan puasa tahun ini bersamaan dengan libur panjang akhir semester, jadi tak ada pengaruhnya pada jam belajar.

Promo dan Diskon

Di mall, supermarket, toko, juga toko online, biasanya memberikan potongan harga, promosi, untuk menarik banyak pembeli.

Launching Lagu Religi

Ada saja grup band atau penyanyi yang membuat album atau menulis lagu bertema religi dan diluncurkan atau diperkenalkan pada bulan Ramadan.

 

Penjualan Kembang Api

Tak hanya saat tahun baru, penjualan kembang api, mercon, dan sejenisnya, akan tinggi sekali saat bulan Ramadan.

Pasar Kaget Jualan Makanan Berbuka

Coba deh kamu perhatikan, biasanya di sekitarmu ada banyak ‘pasar kaget’ yang menjual makanan untuk berbuka puasa. Yang tidak berpuasa pun senang juga dengan fenomena ini karena ada banyak pilihan panganan yang menarik.

 



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2xu9Tjv
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.