Header Ads

Ini Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik https://ift.tt/eA8V8J

Tribatanews.kepri.polri.go.id – Sebelum Lebaran, berikut tips khusus bagi pemudik yang meninggalkan rumahnya untuk pulang kampung.

Adapun 10 tips agar rumah dapat aman ketika ditinggal mudik.

1.    Selama mudik, hindari hal yang menunjukkan bahwa rumah sedang kosong, seperti lampu rumah yang dalam keadaan terus menyala. Kalau perlu, pasang lampu otomatis yang dapat menyala dan mati dalam waktu yang diinginkan. Taruh sandal di luar rumah.

 

2.    Jangan meninggalkan barang berharga Anda, seperti uang dan perhiasan, di dalam rumah. Lebih baik, simpan saja barang berharga tersebut di bank atau titipkan ke orang yang dipercaya.

 

3.    Sebelum berangkat, pastikan pintu dan jendela benar-benar dalam keadaan terkunci. Kemudian, jangan menyimpan kunci cadangan di bawah keset atau pot bunga. Lebih baik titipkan kepada tetangga untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

4.    Sebelum berangkat, matikan semua listrik yang tidak diperlukan. Hal ini untuk menghindari adanya arus pendek yang menyebabkan kebakaran.

 

5.     Titipkan rumah kepada tetangga atau satpam. Pinta mereka untuk memeriksa keadaan rumah dalam waktu berkala.

 

6.    Hentikan dulu langganan koran Anda selama mudik.

 

7.    Pasang alarm keamanan atau CCTV di titik-titik tertentu rumah Anda, seperti ruang tamu, ruang tidur, dan halaman rumah.

 

8.    Cabut aliran tabung gas.

 

9.    Beri tahu tetangga Anda bahwa Anda akan mudik dan rumah Anda dalam keadaan kosong.

 

Jangan sesumbar di media sosial. Terkadang, mengumbar segala hal di media sosial dapat menjadi sumber malapetaka. Tidak perlu mengumumkan kepada publik bahwa Anda akan pergi ke luar kota bersama keluarga, apalagi sampai menjelaskan secara detail mengenai kondisi rumah yang kosong. Semoga bermanfaat.



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2LccCQr
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.