Header Ads

Begini Cara Supaya Kamu Tak jadi Korban Hoax https://ift.tt/eA8V8J

Tribatanews.kepri.polri.go.id – pendekatan social engineering dimanfaatkan penyebar informasi yang menyesatkan alias hoax. Kamu bisa saja menjadi salah satu korbannya.

 

Untuk menghindari supaya kamu tak jadi korban, berikut tipsnya :


1. Jangan langsung percaya dengan informasi yang kita terima dari media sosial, lakukan check and re-check dengan mencari referensi dari sumber lain.


2. Sebelum membagikan informasi, pikirkan dulu dampaknya bagi pembaca postingan tersebut.

3. Pilah sumber bacaan kamu. Hindari artikel dari media-media yang tidak kredibel.

4. Perhatikan domain yang digunakan, saat ini banyak situs yang menggunakan alamat mirip dengan situs-situs kredibel.


5. Salah satu cara untuk mengecek berita adalah melalui foto yang dipakai. Upload foto tersebut di Google Chrome, secara otomatis Chrome akan memberikan opsi foto sejenis. Dari sana kita bisa mengetahui foto itu berasal dari mana dan tentang peristiwa apa.

 

Banyaknya pengguna sosial media di Indonesia yaitu 106 juta pengguna aktif atau sekitar 40% dari penduduk Indonesia (sumber: laporan we are social Januari 2017) dimanfaatkan berbagai pihak untuk mendapatkan perhatian dan menggiring opini.


Tak ayal setiap detik pengguna sosial media dibanjiri berbagai konten secara masif. Apakah informasi itu ringan seputar humor, pengalaman liburan, berita keluarga/kerabat dll.

Pengguna sosial media sendiri memiliki dua peran, sebagai produser (pembuat) konten dan sekaligus sebagai user (pengguna). Setiap orang bisa menjadi publisher. Benar atau tidaknya informasi yang diterima akhirnya sangat tergantung sikap kritis pengguna.

Hoax sengaja dibuat untuk menipu pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu dan menggiring opini mereka agar mengikuti kemauan pembuat hoax.

Hoax sangat mudah disebarkan, dengan kemajuan teknologi digital yang ada saat ini mudah pula melacak kembali pelakunya. Mereka bertujuan mempengaruhi korban, dan membuat korban melakukan tindakan atas namanya.



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2sv1BCj
via
Diberdayakan oleh Blogger.