Header Ads

Antisipasi Begal Motor, Ini Tipsnya ! https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id –Tindak kriminal yang akhir-akhir ini sering terjadi di Indonesia adalah begal motor. Tidak hanya merampas harta milik korban, para pelaku begal juga tidak segan untuk melukai bahkan menghabisi nyawa korbannya. Pelaku begal biasanya menggunakan senjata tajam dan terdiri dari satu orang.  Hal inilah yang membuat para pengendara khawatir dan was-was ketika hendak berkendara.  Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan waspada setiap berkendara. Berikut beberapa tips mengantisipasi begal motor agar selamat sampai tujuan saat berkendara.

1.      Hindari Bepergian pada Malam Hari karena hal ini berpotensi terhadap kejahtan begal motor.

2.      Jika memang terpaksa harus keluar malam hari, pastikan memilih jalan yang ramai dengan penerangan yang cukup dan selalu hindari jalanan yang sepi

3.      Terutama anda yang seorang wanita, ajaklah teman atau saudara untuk menemani anda dalam perjalanan, karena pelaku begal motor memilih korban yang mereka anggap mudah untuk ditaklukan.

4.      Jika ada pengendara lain yang anda rasa mencurigakan, segeralah menuju jalanan yang ramai.

5.      Waspadalah jika ada orang yang tidak anda kenal menanyakan alamat, karena itu salah satu cara begal motor menjalankan operasinya. Selalu lihat di sekeliling anda dan pastikan banyak orang di sana.

6.      Selalu waspada dan jangan melamun ketika berkendara. Selain membahayakan keselamatan anda sendiri, ketika melamun anda tidak sadar dengan apa yang ada di sekeliling anda.

7.      Jika hendak beristirahat ketika dalam tengah perjalanan, pilihlah tempat yang aman seperti pos polisi, mini market, pom bensin dan tempat umum lainnya.

8.      Hindari melewati gerombolan pengendara motor, karena pelaku begal motor akan semakin nekat jika dalam jumlah yang banyak.

9.      Belajar seni bela diri, meskipun hanya secara dasar.

10.  Jika anda benar-benar diikuti oleh begal motor, berlindung ke tempat ramai seperti pemukiman warga terdekat, atau tempat umum dengan membunyikan klakson terus menerus. Selain menjadi pusat perhatian bunyi klakson juga sebagai tanda bahaya.

 

Itulah tadi beberapa tips mengantisipasi begal motor, semoga dengan tips tadi bisa menjadi gambaran ketika hendak berkendara.

Penulis :Yolan
Editor   : Edi
Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2LJM6Or
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.