Header Ads

Arti Bentuk Monumen Dari Tugu Polwan https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Polwan (Polisi Wanita) itu lahir di Bukittinggi, tugu ini diresmikan tanggal 27 april 1993 oleh kapolri jendral Pol.Barusman, terletak di Jl.Jendral Sudirman di persimpangan jalan stasiun. Polwan lahir 01 September 1948 merupakan perwujudan cita-cita ibu Kartini selanjutnya penggerak untuk lahirnya Kowad, Kowal dan Wara.

 

Setelah Indonesia merdeka timbul gagasan dan organisasi wanita .dan Wanita Islam mengajukan permohonan kepada Pemerintah untuk mengikut sertakan wanita dalam dalam Pendidikan kepolisian, Hal tersebut diajukan karena kurang pantas seorang laki-laki bukan muhrim memeriksa badan wanita dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan wanita.

Polwan direkrut dari lulusan Mulo dan sederajat yang mengikuti Kursus Inspektur Polisi bergabung dengan pria. Perintis Polisi Wanita pertama yang kukus sebanyak 6 orang Perwira pertama yaitu :

  1. Ny.Nelly Padma Situmorang
  2. Ny.Mariana Mufti
  3. Ny.Djasarainar Husein
  4. Ny.Rosmalina Pramono
  5. Ny.Rosnalia Taher
  6. Ny.Dahniar Sukotjo

 

ARTI BENTUK MONUMEN

  1. Tinggi monumen 7 meter : gambaran pedoman ABRI, Sapta marga
  2. Lantai dasar bersusun 5 : GAMBARAN Pancasila
  3. Kaki tugu segi enam : gambaran Perintis polwan
  4. Alas tugu terdiri 8 buah piring datar segi 6 bersusun 9, dan tubuh tugu berbentuk kerucut, puncak tugu berkelopak bunga 4 buah, daun bunga 8 helai dilengkapi sebuah perisai melambangkan tahun 1948 lahirnya polisi Wanita (Polwan).

Semoga Bermanfaat.

Penulis         : Rexi

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2POTD1A
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.