Header Ads

Peran K-9 Dalam Tugas Operasional Kepolisian https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id -Anjing adalah salah satu binatang yang kerap dijadikan sahabat oleh manusia. Selain menggemaskan, hewan berkaki empat ini pun terkenal sangat loyal. Namun tidak hanya sekedar sahabat, dengan tehnik pelatihan khusus, binatang ini pun dapat dijadikan alat pemberantasan tindak kejahatan yang mengagumkan dan sangat handal.

Agen penegakan hukum menggunakan tim pengendali anjing terlatih (unit satwa) untuk berbagai alasan: menjajaki wilayah luas ketika tersangka melarikan diri, melacak tersangka atau mencari orang tersesat, mengendalikan massa atau kerusuhan, mendeteksi obat atau bahan peledak tersembunyi, melindungi pengawas dan petugas lain dari serangan, membantu patroli rutin, menjaga tersangka dan barang-barang polisi, dan untuk menakuti para pelaku kejahatan.

Meskipun banyak manfaat yang diberikan, tim polisi pengendali anjing terlatih ini belum dapat diterima sebagai standar keseluruhan dalam kesatuan polisi di Amerika.

Permasalahan utamanya adalah efektivitas biaya untuk perawatan hewan mahal tersebut, kebutuhan untuk pengadaan pelatihan dan setelah pelatihan yang berkesinambungan, pertanyaan atas kemampuan sebenarnya seekor anjing dalam menjalankan tugas, keterlibatan mereka dalam tugas polisi, dan berbagai pertimbangan legal lainnya.

Anjing-anjing pelacak dikenal dengan kesatuan K-9, anjing-anjing ini memiliki ketrampilan luar biasa, baik dalam melacak keberadaan narkotika, mengendus bahan peledak, atau pun melumpuhkan orang yang menjadi target pengejaran.

  1. Anjing Dalmas  adalah anjing yang di latih khusus untuk pembubaran atau menghalau masa,bersama-sama dengan subdit Dalmas.

 

  1. Anjing pelacak Krim Um adalah anjing yang dilatih khusus untuk melacak pelaku tindak pidana kriminal umum,untuk membantu penyidik dalam penyelidikan suatu tindak pidana Kriminal Umum.

 

  1. Anjing Pelacak HanDak adalah anjing yang dilatih khusus untuk mendeteksi/sterilisasi bahan peledak,dalam pelasanaan tugasnya bergabung dengan team Jihandak/Gegana.

 

  1. Anjing Pelacak Narkotik adalah anjing yang dilatih khusus mendeteksi dan operasi narkotik dalam tugasnya bergabung dengan Satuan Reserse dan BNN.

Penulis : Yolan
Editor   : Edi
Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2N1133j
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.