Header Ads

Gelorakan Hidup Sehat Tanpa Rokok!! https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id –Dewasa ini, rokok merupakan hal yang lazim dalam kehidupan kita sehari-hari. Rokok adalah suatu benda yang tersusun dari lintingan tembakau yang dibalut kertas serta tercampur dengan banyak zat adiktif seperti Nikotin, Tar, Amonia, dan lain-lain. Dari kalangan orang-orang dewasa hingga sekarang pun anak-anak sudah tidak asing dengan rokok. Ironisnya akhir-akhir ini dalam berita media banyak anak-anak sudah mulai mengenal rokok. Cara mendapatkan yang terbilang mudah menjadi salah satu alasan mengapa rokok dengan mudah bisa menjangkit semua kalangan / lapisan masyarakat.

Rokok tersusun dari banyak zat adiktif yang bersifat racun yang sangat membahayakan bagi kesehatantubuh kita. Berikut adalah contoh zat adiktif dalam rokok dan dampak negative yang bersumber dari rokok tersebut, antara lain :

  1. Karbon monoksida.Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Hal tersebut membuat Anda cepat lelah.
  2. Tar/ Nikotin.Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paru-paru Anda.
  3. Gas oksidan.Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.
  4. Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.

Sebenarnya pemerintah tidak tinggal diam dalam menanggapi bahaya rokok. berbagai cara sudah dilakukan baikitu dari tindakan preventif/ pencegahan atau sosialisasi kepada seluruhkalangan masyarakat. Contoh tindakan preventif yang sering kita lihat yaitudipajangnya beragam penyakit yang disebabkan oleh rokok dalam kemasan rokoktersebut. Tujuan dilakukan tindakan ini adalah untuk menakuti / memberikangambaran bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit serius sepertikanker paru-paru, katarak, dan lain-lain yang sangat amat membahayakan bagikesehatan tubuh kita. Sedangkan contoh tindakan sosialisasi yaitu dengandilakukannya seminar-seminar serta penyuluhan tentang bahaya merokok denganmenghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, tujuan semua tindakan ini dilakukantidak lain agar masyarakat sadar akan bahaya merokok.

Namun bagi Indonesia rokok dianggap sebagai salah satu industri yang berkontribusi bagi perekonomian. Beberapa daerah sangat menggantungkan hidup masyarakatnya pada industri rokok. misalnya Kediri,Malang, Kudus dan berbagai kota lainnya, ekonominya sangat ditentukan olehrokok. selain itu rokok juga menjadi salah satu sumber utama pemasukanbea cukai di Indonesia.

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa rokok dapat menimbulkan penyakit dan menyebabkan kematian bagi pemakainya, sudah selayaknya masyarakat meningkatkan kesadaran dan pemahamanakan bahaya rokok, oleh karena itu usahakanlah untuk merubah kebiasaan buruk akan merokok ini.

Penulis : Rexi
Editor   : Edi
Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2LJl1eb
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.