Header Ads

Pengertian Tentang Dalmas (Pengendalian Massa) https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Pengendalian Massa (Dalmas) merupakan salah satu fungsi Sabhara Polri. Keberadaanfungsi pengendalian massa sangat dibutuhkan dalam menjagaketertian masyarakat.

Kehadiran pengendalian massa sangat penting terutamadalam setiap kegiatan pengamanan unjuk rasa atau demonstrasi. Kehadiranpengendalian massa dalam pengamanan unjuk rasa diharapkan dapatmengurangi berkembangnya Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG)menjadi Gangguan Nyata (GN).

Fenomena rakyat turun ke jalan untuk menyatakan perasaan danpendapatmereka secara terbuka atas topik apapun yang terkait dengan perasaan merekacukup lazim sejak bergulirnya era reformasi di segala bidang di Indonesia.Kegiatan tersebut, rapat umum, mimbar bebas, demonstrasi merupakan akibatlogis dari kebebasan dan demokrasi. Namun sayangnya dalam kegiatantersesebut ditandai oleh benturan-benturan fisik antara masyarakat (demonstran)dengan masyarakat lain atau antara para demonstran dengan petugas penegakhumum (Polisi).

Oleh karena itu, sangat penting bagi petugas penegak hukum(Polisi) untuk memahami tentang pengetahuan pengendalian massa, kewajibandan larangan petugas Dalmas dalam pelaksanaan tugas Dalmas.

Berikut Pengertian tentang Dalmas (Pengendalian Massa) :

Pengendalian Massa (Dalmas)

Pengendalian massa yang selanjutnya disebut dalmas adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri (kompi,peleton) dalam rangka menghadapi massa pengunjuk rasa.

Dalmas Awal

Dalmas awal adalah satuan dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib dan teratur/situasi hijau.

Dalmas Lanjut

Dalmas lanjut adalah satuan dalmas yang dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa sudah tidak tertib/situasi kuning.

Lapis Ganti

Lapis ganti adalah kegiatan peralihan kendali dari satuan dalmas awal ke dalmas Lanjut.

Lintas Ganti

Lintas ganti adalah kegiatan peralihan kendali dari satuan kompi dalmas Lanjut kepada satuan kompi/detasemen penanggulangan huru-hara brimob.

Negosiator

Negosiator adalah anggota Polri yang melaksanakan perundingan melalui tawar-menawar dengan massa pengunjuk rasa untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

Penanggulangan Huru-hara

Penanggulangan huru-hara yang selanjutnya disebut PHH adalah rangkaian kegiatan atau proses/cara dalam mengantisipasi atau menghadapi terjadinya kerusuhan massa atau huru-hara guna melindungi warga masyarakat dari ekses yang ditimbulkan.

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2N5v5CY
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.