Header Ads

Quick Wins Percepatan Polri Untuk Melayani Masyarakat https://ift.tt/2MGjbjy

Quick Wins Percepatan Polri Untuk Melayani Masyarakat https://ift.tt/2MGjbjy
Quick Wins Percepatan Polri Untuk Melayani Masyarakat https://ift.tt/2MGjbjy

Tribratanews.kepri.polri.go.id –

Dalam perkembangan era reformasi di tubuh Polri banyak sekali program dan strategi dalam hal meningkatkan pelayanan Polri. Adapun salah satu Program Polri yang berhubungan dengan pelayanan publik yaitu program percepatan Quick Wins yang mana program tersebut merupakan upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat melalui program yang mendukung kepentingan dan pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dalam pelayanan yang cepat, mudah, dan terjangkau.

Dalam konteks tersebut, program percepatan merupakan program yang memiliki daya ungkit serta terkait dengan perbaikan utama (Core Business) suatu organisasi publik/pemerintah. Pemilihan program yang memiliki daya ungkit tersebut erat kaitannya dengan aspek manfaat yang langsung dapat diperoleh secara nyata oleh masyarakat.

Adapun tujuan kegiatan penyusunan program percepatan (Quick Wins) ini adalah memberikan pedoman bagi program-program unggulan yang mampu memberikan pelayanan secara tepat dan cepat, memberikan gambaran perbaikan pelayanan utama, memberikan pendampingan pelaksanaan program percepatan, memberikan pendampingan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program percepatan.

Sebagaimana tugas pokok polri dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, maka sebagai pelayan publik dalam melaksanaan tugas pokok dan fungsinya sehari-hari Polri lebih banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan demikian, citra polri sangat tergantung pada kemampuan/kinerjanya dalam memenuhi harapan serta memuaskan masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Setiap manusia memiliki harapan, apakah itu bagi dirinya sendiri maupun harapan sebagai anggota masyarakat kepada pihak lain. Dalam konteks kinerja Polri, harapan masyarakat sudah seharusnya direspons sebagai masukan untuk dikelola secara benar agar menghasilkan output berupa pencapaian perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik Polri. Oleh karena itu, pelayanan publik oleh Polri kedepan harus lebih baik dan sesuai dengan harapan masyarakat. Refleksi dari harapan masyarakat yang lebih komprehensip terhadap institusi Polri pada dasarnya telah tergambar dari sasaran perubahan mind set dan culture set anggota Polri dalam program Reformasi Birokrasi.

Perubahan mind set dan culture set Polri dari yang sebelumnya Antagonis menjadi Protagonist, yang reaktif menjadi proaktif, legalitas menjadi legitimasi, elitis menjadi populis, arogan menjadi humanis, otorite menjadi demokratis, tertutup menjadi transparan, akuntabilitas vertikal menjadi akuntabilitas publik, serta monologis menjadi dialogis, ini merupakan profile polisi idaman yang sangat diharapkan masyarakat.

Adapun pencapaian sasaran perubahan mind set dan culuture set tersebut tentu saja akan mengubah wajah polri dalam memberikan pelayanan publik-nya kepada masyarakat, dari militeristik menjadi civilize. Meskipun demikian, mengubah mind set dan culuture set bukanlah pekerjaan mudah, apalagi yang sudah terbentuk selama berpuluh-puluh tahun. Butuh waktu dan kerja keras serta dukungan dari masyarakat juga semua pihak untuk membantu mewujudkannya.

Sebagaimana tugas pokok Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak sekali bentuk pelayanan yang harus kita benahi, agar kedepan pelayanan publik oleh Polri ini sesuai dengan keinginan dan harapan daripada masyarakat sesuai dengan program yang sudah di laksanakan oleh Polri. Pelayanan harus memenuhi sendi-sendi pelayanan umumsesuai dengan keputusan  menpan no. 81 tahun1993, antara lain kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan,  keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan yang merata, ketepatan waktu.



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2LEGJA3
via
via Blogger https://ift.tt/2PQPv1a

via Blogger https://ift.tt/2LDLqda

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.