Header Ads

5 Hal yang Harus Kamu Tanyakan Pada Dirimu Sendiri Sebelum Mem-bully Orang Lain https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Akhir-akhir ini banyak sekali kasus bullying yang terjadi. Mulai dari tingkat sekolah, kuliah, kehidupan bermasyarakat, hingga dunia maya. Sudah ada banyak orang yang tersiksa, depresi bahkan memilih mengakhiri hidupnya karena tidak tahan menerima perlakuan ini. Dari kejadian-kejadian ini, tentu kita ketahui bahwa bullying adalah sesuatu yang tidak baik dan seharusnya tidak dilakukan. Berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu tanyakan pada dirimu sendiri sebelum berniat mem-bully orang lain!

“Untuk apa aku melakukan semua ini?”

Kamu harus memikirkan pertanyaan ini.

Apa sih tujuanmu? 

Sebenarnya, tidak ada hal menguntungkan yang kamu dapatkan setelah mem-bully orang lain. Kamu hanya menghabiskan waktu dengan melakukan hal tidak baik.

“Bagaimana jika diriku yang mendapat perlakuan buruk? Apakah aku tahan menerimanya?””

Kamu pasti pernah mendengar istilah “apa yang kamu tabur, itulah yang akan kamu tuai”.

  1. Jika kamu berniat mem-bullyorang lain, pikirkan dahulu dirimu sendiri. Bagaimana jika kamu menghadapi hal yang sama? Bagaimana jika kamu yang di-bully orang lain? Yakin kuat?

“Apakah diriku selalu benar hingga layak membully orang lain?”

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Semuanya pasti punya kekurangan dan pernah berbuat salah. Lantas, mengapa harus mem-bully orang lain? Toh, semua manusia memiliki derajat yang sama di mata-Nya.

“Bagaimana perasaan orangtuaku ketika mengetahui anaknya membully orang lain?”

 

Sedih. Kecewa. Marah. Itulah yang dirasakan orangtua ketika mengetahui kelakuanmu. Tidak ada orangtua yang mau anaknya jadi manusia yang tidak baik. Mereka ingin kamu tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang bisa menghargai sesama. Mereka juga ingin agar kamu memang menjadi manusia yang sesungguhnya. Karena pada dasarnya, setiap orangtua pasti ingin anaknya bisa menjadi terang bagi sekitarnya.

“Apakah aku akan baik-baik saja setelah melakukannya?”

Tentu saja tidak.

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki hati yang baik. Ketika kamu melakukan sesuatu yang tidak baik, kamu pasti akan merasa tidak nyaman pada hatimu. Rasa bersalah yang muncul inilah yang menandakan bahwa sebenarnya kamu masih punya rasa kemanusiaan.

Rasa bersalah ini juga yang membuat kamu menjadi tidak nyaman menjalani hari-harimu setelahnya. Kamu jadi sering memikirkan perilaku burukmu sebelumnya, merasa tidak nyaman karena kelakuan dirimu sendiri. Selain itu, orang-orang terdekatmu juga akan sedih hingga kecewa ketika mengetahui kelakuanmu yang tidak bisa menghormati orang lain. Bahkan kamu akan meninggalkan kesan buruk bagi orang lain ketika mereka mengingat tentangmu.

Tanyakan pertanyaan di atas untuk dirimu sendiri. Bullying menyakiti hati orang lain dan memperburuk dirimu sendiri sebagai seorang manusia.

Penulis          : Gilang

Editor              : Edi

Publish          : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2Ku7rPg
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.