Header Ads

Pentingnya Safety Riding https://ift.tt/2tQJirO

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Di Indonesia, kecelakaan berkendara sepeda motor sangat rawan terjadi. Data kecelakaan lalulintas menjadi urutan ke – 3 penyebab kematian di Indonesia. Hal ini terjadi karena tidak adanya perhatian khusus dari pengguna sepeda motor serta tidak adanya pelatihan safety riding. Perlengkapan safety riding juga kurang di mengerti oleh para pengguna sepeda motor. Tingginya angka kecelakaan dapat terjadi karena jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya dan juga karena kelalaian manusia yang menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas. Bila di cermati dengan seksama, kewaspadaan berkendara merupakan hal yang paling utama bagi keselamatan si pengendara sendiri maupun orang lain. Maka sebelum melakukan berkendara sepeda motor, sang pengendara wajib mengasah skill dan kemampuan serta memiliki pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan benar (safety riding).

Pengertian safety riding secara umum adalah keamanan dan keselamatan saat berkendara. Jadi, safety riding adalah perilaku berkendara secara ideal yang harus dimiliki oleh sang pengendara sehingga memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi bagi diri sendiri maupun orang lain. Sampai saat ini banyak orang mengendarai sepeda motor tapi tidak semua orang memahami cara mengedarai sepeda motor dengan baik dan benar. Tidak sedikit juga pengendara yang kurang memperhatikan sisi keamanan dan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun bagi pengguna jalan lainnya. Padahal banyak kita temukan materi safety riding untuk di pelajari, di praktikan dan di patuhi. Banyaknya kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor roda dua akhirnya mencuatkan kampanye untuk berkendara  secara aman di jalanan dan juga di pusat pelatihan safery riding.

Materi-materi safety riding sangat berguna bagi para pengendara sepeda motor. Materi safety riding secara umum yang diberikan kepada para peserta terdiri atas slalom, pengereman, melewati papan titian dan juga rintangan bergelombang. Materi ini tidak hanya di peruntukan untuk pengguna sepeda motor tertentu saja seperti safety riding touring, safety riding komunitas atau yang lainnya namun juga di peruntukan untuk semua masyarakat Indonesia sebagai pengguna sepeda motor khususnya.

Berikut ini merupakan poin penting safety riding dan manfaat pelatihan safety riding :

  1. Slalom

Fungsi dan manfaat dari kita melatih gerakan slalom adalah untuk melatih kemampuan dan menjaga keseimbangan tubuh ketika sedang menikung, melakukan manufer mendadak ataupun ketika sedang melalui jalanan berliku. Dalam melakukan gerakan slalom, hal yang terpenting adalah mengontrol gerakan tubuh pengendara sepeda motor. Maksudnya adalah saat sedang menikung atau belok, sepeda motor lebih mengikuti tubuh pengendara setelah stang. Sebaiknya, saat melakukan slalom kendaraan bermotor harus dalam kondisi prima atau setidaknya menggunakan bahan bakar berkualitas karena ini akan mempengaruhi kestabilan gerakan.

  1. Melalui Jalan Titian

Praktik melalui jalan titian hampir sama dengan melakukan gerakan slalom, yang manfaatnya untuk menjaga keseimbangan tubuh pengendara. Namun, fokus dari latihan melewati titian ini lebih pada melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalanan sempit. Sebagai contoh, kerap kali terlihat para pengendara motor yang sering melintas di antara sela-sela mobil dan banyak di antaranya menyenggol body atau spion mobil. Oleh karena itu, para pengendara motor dilatih untuk melewati jalan titian agar tak menyenggol body atau spion mobil dan juga menyenggol pengendara sepeda motor lainnya.

  1. Melewati Jalanan Bergelombang

Seperti halnya dengan latihan slalom dan melewati jalan titian, pelatihan melewati jalanan bergelombang juga berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalanan yang tidak rata, bergelombang, atau berlubang. Selain menjaga keseimbangan badan, pelatihan ini juga mengedepankan mengenai komposisi penggunaan rem depan dan belakang secara konstan. Para pengendara motor juga diajarkan untuk mengatur kecepatan sepeda motor ketika melakukan pengereman dan juga menjaga keseimbangan saat melewati jalanan yang rusak.

Penulis : Rexi S

Editor : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2lLDDjf
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.