Header Ads

7 Bentuk Pengendalian Sosial Yang Wajib Kamu Ketahui https://ift.tt/eA8V8J

7 Bentuk Pengendalian Sosial Yang Wajib Kamu Ketahui https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Ada berbagai macam bentuk pengendalian sosial yang ada di dalam lingkungan masyarakat kepada anggota di dalamnya. Namun hal tersebut juga tergantung dari kebiasaan atau entitas yang dimiliki kelompok masyarakat tersebut. Berikut ini ada beberapa contoh dari bentuk pengendalian sosial yang ada di masyarakat, sebagai berikut:

  1. Teguran 

Biasanya ini diberikan dari sekelompok orang yang ada di dalam masyarakat ataupun individu kepada individu lain atau sekelompok orang yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan apa yang sudah berlaku di masyarakat. Teguran tersebut dapat dilakukan secara lisan ataupun tulisan serta berguna menjadi kritik  sehingga perbuatan tersebut tidak akan terulangi lagi.

  1. Pendidikan

Pemberian pendidikan pada individu atau kelompok akan berguna agar orang yang diajarkannya tersebut dapat memahami, mengerti, serta menerapkan hal-hal yang sudah diajarkan dan menjadi nilai di dalam lingkungan masyarakat.

  1. Gosip

Subjek dari pengendalian sosial yang mana berbentuk tidak pasti namun terkadang sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Gosip biasanya akan beredar dari satu individu ke individu lainnya melalui mulut ke mulut. Sehingga orang yang digosipkan tersebut tentu akan mengetahui jika kelompoknya memang sedang membicarakannya. Hal ini lah yang akhirnya membuat orang tersebut merasa malu dan jera setelah melakukan penyimpangan sosial. Sehingga diharapkan tidak akan mengulanginya kembali.

  1. Sanksi atau Hukuman

Sanksi dan hukuman akan diberikan pada orang ataupun kelompkm yang telah melanggar aturan yang ada di dalam nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sanksi dan hukuman ini dapat memberi efek jera pada pelaku-pelaku penyimpangan sosial karena memang sifatnya yang langsung.

  1. Agama

Pengajaran agama tentunya akan memberikan kasih sayang dan mengajarkan pada manusia mengenai hal apa yang harus dilakukan dalam kehidupan sosial serta hal apa yang harus dihindari di dalam kehidupan. Oleh sebab itu, dengan adanya pendekatan agama, maka seseorang ataupun sekelompok bisa memberikan pengendalian sosialnya.

  1. Ostrasisme

Merupakan sebuah pembiaran yang mana dilakukan orang orang yang ada di dalam kelompok masyarakat kepada pelaku pelanggaran nilai dan norma sosial dengan cara tetap membiarkan orang tersebut melakukan hal-hal yang seperti biasanya namun orang orang yang ada di sekelilingnya tidak akan berbicara sedikitpun dengannya, bahkan untuk menegur pun tidak akan di lakukan

  1. Intimidasi

Merupakan pengendalian sosial yang mana diberikan namun dengan cara paksaan pada orang orang yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di dalam masyarakat. Biasanya intimidasi akan dilakukan langsung oleh lembaga-lembaga hukum.

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2JtbGYv
via
via Blogger https://ift.tt/2zfHPhr

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.