Header Ads

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id –  Tentunya setiap masyarakat menginginkan kehidupan yang dijalaninya berjalan dengan aman, tentram, dan damai. Untuk menunjang kehidupan tersebut terjadi tentu saja dibutuhkan sebuah sistem yang mana dapat mengendalikan kondisi tersebut. Sistem tersebut memiliki tujuan yang mana ingin dicapai kelompok masyarakat yang sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di lingkungan tersebut.

Sistem ini lah yang dikenal dengan pengendalian sosial. Dapat diartikan jika pengendalian sosial merupakan proses pengawasan yang mana dilakukan sebuah kelompok kepada kelompok lainnya untuk mengajak, membujuk, hingga memaksakan individu maupun kelompok untuk mengikuti sikap dan perilaku yang sesuai dengan keinginan dari masyarakat.

Ada beberapa pengertian pengendalian sosial menurut beberapa para ahli, antara lain adalah:

  1. Horton dan Hunt

Pengendalian sosial merupakan cara maupun proses yang dilakukan oleh orang yang lebih tua ataupun kelompok masyarakat tertentu yang mana memiliki tujuan agar anggota kelompok lainnya dapat bertindak sesuai keinginan kelompok dari masyarakat tersebut.

  1. Bruce J.Cohen

Pengendalian sosial merupakan segala cara maupun metode yang digunakan untuk dapat mendorong seseorang ke dalam sebuah kelompok sehingga dapat berperilaku sejalan dengan apa yang dikehendaki oleh kelompok masyarakat tersebut.

  1. Peter L.Berger

Pengendalian sosial merupakan beragam cara yang dilakukan oleh masyarakat yang bertujuan untuk dapat mentertibkan anggota kelompoknya yang melakukan penyimpangan. (baca juga:

  1. Joseph S. Roucek

Pengendalian sosial merupakan istilah kolektif yang mana mengacu kepada proses yang lebih terencana yang mana di dalamnya akan membujuk, mengajarkan, hingga memaksa seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dengan apa yang menjadi kebisaan serta kehendakn hidup di dalam kelompoknya.

  1. Astrid Susanto

Pengendalian sosial merupakan kontrol yang memiliki sifat psikologi serta non fisik yang mana dilakukan kepada seseorang dengan tujuan agar dapat bersikap serta bertindak dengan apa yang sesuai penilaian dari kelompok dimana individu tersebut tinggal.

  1. Soetandyo Wignyo Subroto

Pengendalian sosial adalah sanksi yang mana merupakan sesuatu bentuk penderitaan yang dilakukan secara sengaja dan disediakan dari masyarakat.

  1. Nova Pratiwi

Pengendalian sosial merupakan proses yang mana tersusun secara sistematis yang bertujuan untuk mencegah segala bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan dilakukan dalam bentuk ajakan dan arahan kepada masyarakat sehingga dapat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial.

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2DeZEld
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.