Header Ads

Bentuk Konflik Sosial Berdasar Sifat Pelaku Yang Berkaitan Dengan Konflik https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id –  Bentuk konflik sosial yang berdasar pada sifat belaku yang ikut dan berkaitan dengan konflik dibedakan menjadi dua bentuk yaitu konflik terbuka dan tertutup. Berikut ini penjelasannya.

  1. Konflik Terbuka

Konflik terbuka merupakan konflik yang kejadiannya diketahui oleh banyak pihak bahkan masyarakat umum. Contoh dari konflik terbuka ini adalah konflik yang sedang terjadi pada Negara Israel dan Palestina.

  1. Konflik Tertutup

Konflik tertutup merupakan konflik yang terjadi dan hanya diketahui oleh beberapa pihak saja, yaitu individu atau kelompok yang terlibat dalam konflik tersebut. Contohnya saja konflik yang terjadi di dalam keluarga, tentu saja pihak lain di luar keluarga tersebut tidak mengetahui hal tersebut.

Bentuk Konflik Sosial Berdasar Dengan Bentuk

Berdasarkan dari bentuk, konflik sosial terdiri menjadi beberapa bentuk yaitu konflik realistis dan konflik non realistis. Berikut ini penjelasannya,

  1. Konflik Realistis

Merupakan konflik yang terjadi dikarenakan adanya rasa kekecewaan dari individu atau kelompok mengenai perkiraan tentang keuntungan ataupun tuntutan yang ada di dalam sebuah lingkungan sosial. Contoh dari konflik realistis ini misalnya saja karyawan yang melakukan mogok bersama dikarenakan adanya ketidaksetujuan dengan pihak perusahaan mengenai sebuah kebijakan tertentu.

  1. Konflik Nonrealistis

Merupakan konflik yang mana tidak disebbakan karena adanya tujuan-tujuan saingan yang saling bertentangan, namun didasarkan pada sebuah kebutuhan yang digunakan untuk meredakan ketegangan, setidaknya dari salah satu pihak yang berkaitan. Contoh dari konflik non realistis ini adalah penggunaan jasa ilmu-ilmu gaib yang digunakan untuk membalasa dendam terhadap perilaku orang lain terhadap kita.

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2Pvt2t3
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.