Header Ads

Apa-Apa Saja Lembaga Pengendalian Sosial Di Masyarakat? https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Berikut dibawah ini Lembaga – lembaga Pengendalian Sosial Di Masyarakat sbb :

  • Keluarga

Keluarga berperan penting dalam mengatur perilaku individu melalui proses sosialisasi dimulai ketika individu lahir di dunia. Peranan keluarga dalam upaya pengendalian sosial terutama di negara-negara yang masih kuat ikatan kekeluargaannya sangat besar. Dalam lembaga atau institusi keluarga inilah anak mempelajari norma dan nilai yang telah disepakati sebelumnya.

  • Tokoh masyarakat

Dalam kehidupan bermasyarakat biasanya ada sosok panutan yang dihormati. Sosok tersebut berperan sentral karena dikenal banyak orang dan memiliki pengaruh. Tokoh masyarakat merupakan salah satu agen yang dikaruniai kapasitas untuk melakukan kontrol sosial dalam masyarakat. Ucapan dan perilaku kesehariannya dapat menjadi rujukan sehingga berfungsi sebagai insrumen kontrol sosial.

  • Pengadilan

Pengadilan negara ataupun adat merupakan lembaga yang diberikan wewenang untuk mengawasi perilaku warga masyarakat. Penerapan wewenang berupa upaya mengadili perilaku individu atau kelompok yang perbuatannya dianggap melanggar hukum atau norma. Tak jarang, vonis dijatuhkan dalam bentuk hukuman untuk memberi efek jera terutama bagi pelanggar hukum.

  • Sekolah

Sekolah merupakan institusi pendidikan yang didalamnya berlangsung sosialisasi nilai oleh guru kepada murid. Guru merupakan agen pengendalian sosial dimana perilaku murid diarahkan agar sesuai norma dan nilai yang disepakati sekolah. Sebagai institusi pendidikan, tentu saja proses sosialisasi dilakukan dalam rangka mendidik yang tujuannya menciptakan kehidupan sosial beradab di masa depan.

  • Kepolisian

Kepolisian merupakan alat negara yang berfungsi menciptakan ketertiban dan keteraturan masyarakat. Polisi bertugas menjaga keamanan dengan cara mengawasi, mengatur, dan bahkan memaksa masyarakat agat taat pada aturan hukum. Sebagai alat negara, kepolisian diberi wewenang untuk menangkap mereka yang dianggap melanggar hukum.

  • Media

Media massa dan media sosial memiliki kemampun untuk membentuk opini publik tentang mana yang benar dan mana yang salah, mana yang sesuai aturan, mana yang menyimpang. Peran media dalam menerapkan pengendalian sosial adalah menjadi wadah munculnya diskusi publik tentang opini mana yang paling layak diikuti karena berorientasi pada ketertiban dan keteraturan sosial.

  • Aktivis

Aktivis merupakan agen pengendalian sosial yang biasanya kritis kepada kelompok berkuasa, seperti negara. Kaum elit di pemerintahan adalah golongan yang memiliki wewenang dan kuasa lebih besar dibandingkan masyarakat secara umum. Tak jarang mereka kebal akan hukum ketika melakukan perbauatan yang menyimpang. Peran aktivis sebagai agen pengendalian sosial menjadi penting agar hukum dapat ditegakkan tanpa pandang bulu.

Tentu saja masih banyak lembaga sosial dan agen-agen lain yang memiliki peranan penting dalam upaya pengendalian sosial.

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2Js5oZ6
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.