Header Ads

Pola Pengendalian Sosial Di Dalam Lingkungan Masyarakat https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id –

  1. Pengendalian Individu Kepada Individu Lainnya

 

Pengendalian ini biasanya dilakukan individu kepada individu lainnya. Individu yang melanggar norma dan nilai sosial tentunya akan diberikan pengawasan mengenai nilai nilai tersebut. Misalnya saja orang tua yang menasehati anaknya untuk selalu menjaga tata kramanya

  1. Pengendalian dari Individu Kepada Kelompok

 

Pengendalian individu kepada kelompok biasanya dilakukan oleh individu kepada kelompoknya, sehingga kelompok tersebut bisa bergerak sesuai dengan harapan dari individu tersebut. Misalnya wali kelas yang mengatur semua murid di kelasnya.

  1. Pengendalian Kelompok Kepada Anggotanya

 

Pengendalian sosial ini dilakukan kelompok kepada anggota anggota di dalamnya sehingga dapat berbuat atau berperilaku yang mana sesuai dengan tujuan dari kelompok tersebut. Misalnya saja kepala desa yang memberikan nasehat kepada staf-staf dibawahnya.

  1. Pengendalian Kelompok Kepada Kelompok

 

Pengendalian ini dilakukan oleh sebuah kelompok kepada kelompok lainnya. Misalnya saja KPK yang melakukan pengawasan serta menindak orang ataupun kelompok yang melanggar aturan mengenai tindakan pidana korupsi.

Nah itu tadi beberapa tujuan pengendalian sosial di dalam lingkungan masyarakat.  Kehadiran dari pengendalian sosial adalah hal yang sangat penting di dalam masyarakat untuk mendukung terciptanya kedamaian serta ketentraman di dalam masyarakat, serta mengurangi terjadi penyimpangan penyimpangan sosial yang dapat meresahkan masyarakat. Tentu saja dibutuhkan peran dari seluruh elemen masyarakat untuk terciptanya pengendalian sosial. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda sobat-sobat Humas.

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2JreViX
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.