Header Ads

Etika Profesi Kepolisian Sebagai Pedoman Hidup Bagi Anggota Polri https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Etika profesi kepolisian merupakan kristalisasi nilai-nilai Tribrata yang dilandasi dan dijiwai oleh Pancasila serta mencerminkan jati diri setiap anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam wujud komitmen moral selanjutnya disusun kedalam Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang meliputi pada Etika Kenegaraan, kelembagaan, kemasyarakatan dan kepribadian. Keempat aspek diatas saling berkaitan erat satu sama lain yang secara simultan harus ditumbuh kembangkan oleh setiap insan Polri sebagai aparat penegak hukum yang profesional yang dilandasi dengan nilai-nilai luhur dalam Tribrata, integritas moral, etika profesi dan berpegang teguh pada komitmen yang telah disepakati dalam pelaksanaan tugasnya.

 

Nilai –nilai falsafah hidup yang dimiliki semua ketrampilan teknis yang dibutuhkan polisi dalam menghadapi tantangan social kekinian semua berujung pada upaya merebut kepercayaan publik ( public trust ). Untuk mendapatkan kepercayaan publik itu polisi setidaknya harus memiliki dua hal yaitu pertama, kejujuran baik  secara simbolik  (sesuai presepsi masyarakat) dan substansial, kedua, kapasitas yaitu kemampuan profesional polisi dalam menjalankan fungsi fungsi yang dijalankan sesuai  dengan harapan masyarakat.

 

Oleh karena itu seorang  anggota polisi yang profesional diharapakan mematuhi standar etika yang tertuang dalam peraturan disiplin dan kode etik. Sebagian besar pelanggaran yang terjadi adalah karena faktor lingkungan dan kepribadian dari masing masing anggota kepolisian dalam menghadapi situasi yang mendorong untuk berbuat penyimpangan. Dengan adanya etika kepolisian mampu dijadikan barometer untuk menjadikan pedoman dalam mewujudkan pelaksanaan tugas yang baik bagi penegak hukum.

 

Penutup tugas dan peran Polri dalam penegakan hukum harus  selalu dilandasi dengan nilai nilai yang berpedoman pada Tribrata dimana setiap anggota Polri harus memahami dengan benar bahwa tugas Polri sangat mulia. Untuk mewujudkan tugas Polri yang profesional maka diperlukan Etika kepolisian sebagai pedoman hidup namun semua itu kembali kepada masing masing individu yang harus memiliki kesadaran , penuh kejujuran dan komitmen untuk mewujudkan Polri yang  sesuai dengan keinginan dari masyarakat. Karena tugas Polri adalah menciptakan bagaiamana masyarakat dapat merasa aman dan sebagai lembaga hukum dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui  rasa keadilan dan kepastian hukum.

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2CSpP08
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.