Header Ads

Lembaga Pengendalian Sosial https://ift.tt/eA8V8J

Lembaga Pengendalian Sosial https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id –

Sebenarnya lembaga pengendalian sosial yang ada di dalam masyarakat tak hanya lembaga kepolisian saja. Ada banyak lembaga lainnya yang termasuk ke dalam lembaga pengendalian sosial di dalam masyarakat, baik lembaga formal ataupun non formal. Berikut ini penjelasannya:

  1. Lembaga Kepolisian

Polisi adalah aparat resmi milik pemerintah yang bertujuan agar dapat menertibkan keamanan di dalam masyarakat. Tugas dari polisi antara lain adalah memelihara ketertiban masyarakat, menjaga, serta menahan anggota masyarakat lainnya yang dituduh serta dicurigai dalam melakukan kejahatan yang menganggu ketentraman warga, misalnya merampok, membunuh, mencuri, dan lainnya. Sehingga tercipta kedamaian dan ketentraman di dalam lingkungan masyarakat.

  1. Pengadilan

Pengadilan adalah lembaga resmi yang dididirikan langsung oleh pemerintah agar dapat menangani pelanggaran dan perselisihan yang terjadi di dalam masyarakat. Pengadilan memiliki unsur-unsur yang berkaitan satu sama lainnya. Unsur yang paling berhubungan adalah hakim, pengacara, dan jaksa. Di dalam proses persidangan, jaksa akan bertugas untuk menuntut pelaku agar dijatuhi hukuman sesuai dengan peraturan yang ada. Hakim bertugas untuk menetapkan serta menjatuhkan keputusan yang tepat berdasar dari bukti serta informasi resmi yang telah diungkapkan di dalam persidangan. Sedangkan pengacara atau pembela memiliki tugas untuk mendampingi pelaku ketika memberikan pembelaan

  1. Tokoh Adat

Tokoh adat merupakan pihak yang berperan penting dalam menegakkan peraturan adat. Peranan dari tokoh adat ini sangatlah penting di pengendalian sosial. Tokoh adat memiliki peranan di dalam membina serta mengendalikan tingkah laku dari warga nya agar sesuai seperti ketentuan adat yang ada.

  1. Tokoh Agama

Merupakan orang yang mempunyai pemahaman luas mengenai agama serta menjalankan perannya sesuai dengan pemahamannya tersebut. Pengendalian sosial yang dilakukan oleh tokoh agama memang ditujukan pada perbuatan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai serta norma agama.

  1. Tokoh Masyarakat

Merupakan orang yang mempunyai pengaruh cukup besar, dihormati, serta disegani di dalam lingkungan masyarakat dikarenakan aktivitas, kecakapan, serta sifat tertentu yang dimilikinya

 

Penulis         : Gilang

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2DhMxQe
via
via Blogger https://ift.tt/2SDPK14

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.