Header Ads

Strategi Perpolisian Mendeteksi Dini https://ift.tt/eA8V8J

 

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Wilayah Kepulauan Riau merupakan wilayah perairan di laut Cina Selatan yang berlokasi strategis mendukung perdagangan Internasional. Wilayah Kepulauan Riau yang terdiri dari 2.408 pulau besar dan kecil (1.350 bernama, 1.058 tanpa nama, 1.068 berpenghuni dan 800 tidak berpenghuni.

Situasi geografis Kepulauan Riau yang terdiri dari 95% perairan dan 5% daratan yang wilayah Kepulauan Riau sebelah utara berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Vietnam dan laut Cina selatan, sebelah selatan berbatasan dengan provinsi jambi, sebelah barat berbatasan dengan kabupaten bengkalis provinsi riau dan sebelah timur berbatasan dengan provinsi kalimantan barat.

Menjadi wilayah perbatasan tidak menutup kemungkinan memiliki potensi ancaman dan gangguan kamtibmas yang tinggi. Menyikapi potensi ini Polda Kepri telah menerapkan strategi perpolisian masyarakat proaktif yang berbasis pada deteksi dini, operasi preemtiv, preventif dengan melakukan mediasi secara cepat bilamana terjadi konlik antar individu dari suku yang berbeda dengan melibatkan tokoh masyarakat adat dan kesukubangsaan. cara ini cukup efektif dalam upaya meredam terjadinya konflik komunal.

Satuan kewilayahan Polda Kepri terdiri dari 7 satuan kewilayahan, yang termasuk wilayah perbatasan yaitu  5 satuan kewilayahan yaitu Polresta Barelang, Polres Karimun, Polres Bintan, Natuna dan Polres Kepulauan Anambas.

Tipologi Polda Kepri telah meningkat yang semula tipe B menjadi tipe A sesuai dengan keputusan Kapolri nomor : KEP /1096/x/2016, tanggal 25 Oktober 2016 tentang Peningkatan Tipe Polda Kepri menjadi tipe A. Polda kepri memiliki 7 polres/ta (6 polres dan 1 porlesta) sudah sesuai dengan jumlah Kabupaten dan Kota yaitu sebanyak 6 Kabupaten dan 2 Kota Madya. Jumlah Polsek sebanyak 44 Polsek, termasuk wilayah kawasan belum sebanding dengan jumlah kecamatan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 64 kecamatan, terdapat 25 kecamatan yang belum ada polseknya. perbandingan jumlah penduduk dengan Polisi maka akan diperoleh angka Police Employ sebesar = 1 : 510.

Melihat angka perbandingan ini memang relatif cukup kecil, tetapi bila dilihat dari kondisi luas wilayah maka jumlah personel Polri yang baru terpenuhi 43% (5.142 personel) dari dsp tersebut sangat jauh dari cukup mengingat posisi strategis Kepulauan Riau berbatasan dengan negara lain. Dari angka perbandingan yang relatif cukup kecil ini sebagai Bhabinkamtibmas yang berada di Kepulauan Riau sebanyak 220 personel dari 417 desa dan kelurahan, masih belum terpenuhi sesuai dengan program 1 desa 1 Bhabinkamtibmas.

Penulis   : Yolan

Editor     : Tahang

Publish   : Yolan



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2CSnQc0
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.