Header Ads

Promoter Polri Untuk Negeri https://ift.tt/eA8V8J

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Sejak dilantiknya Jendral.Pol. Drs. Tito Karnavian, M.A, Ph.D, sebagai Kapolri menggantikan Jend.Pol.Drs. Badrodin Haiti, selain meneggakkan Sumpah Tri Brata Polri dan Kode Etik tugas pokok dan fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang, Kapolri Jendral. Pol. Drs. Tito Karnavian, M.A, Ph.D sebagai pimpinan tertinggi dalam Institusi Polri juga menerapkan 3 (tiga) hal penting dalam rangka mendukung Kinerja dan Peran Kepolisian Republik Indonesia. Hal-hal tersebut antara lain ;

-Visi dan Misi Polri

-Commander Wish dan

-Program Promoter Polri.

Ketiga hal tersebut beliau paparkan sebelum dilantik menjadi Kapolri, terutama saat dalam masa Fit & Propert Test di DPR-RI medio Juni 2016 lalu, salah satu alasan ketiga hal tersebut harus dilaksanakan secara maksimal antara lain untuk mendukung misi Presiden RI tentang peningkatan Trust (Kepercayaan) masyarakat terhadap Polri.

Semua pihak sangat paham dan mengerti bahwa seluruh lembaga-lembaga Negara yang sedang bekerja saat ini landasan dan panduannya memang adalah hokum dan aturan-aturan yang berlaku, akan tetapi hal tersebut akan sangat rapuh dan lemah jika tak di dukung dengan Trust atau kepercayaan dari masyarakat.

Khususnya di Institusi Polri terkait kepercayaan masyarakat untuk memantau dan merasakan kinerja Polri, Polri saat ini lebih menitik beratkan dan memfokuskan pelaksanaan Program Promoter, Visi dan Misi Kapolri serta Commander Wish yang sudah di Instruksikan ke segenap jajaran anggota kepolisian mulai dari tingkat Markas Besar di Jakarta, Polda, Polres/Resta dan Polsek-polsek se-Indonesia. Agar supaya dapat berjalan seiring selangkah di seluruh kawasan wilayah NKRI, dengan tetap mengedepankan Sumpah Tri Brata serta Tugas Pokok, Hak dan Kewajiban Polri sebagaimana yang di atur dalam Undang-undang.

Kapolri dalam setiap penyampaian baik dalam acara resmi maupun non-resmi selalu mengingatkan dan memberi pemahaman bahwa untuk menjabarkan Commander Wish, Visi Misi dan Program Promoter (Profesional, Modern dan terpercaya) haruslah diawali dengan pemahaman bahwa rakyat adalh pemilik kekuasaan yang tertinggi di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesian, sehingga itu dimanapun berada dan bertugas sangat dibutuhkan bagi Institusi Polri dan para anggota-anggota Polisi agar bisa mendapatkan kepercayaan dari rakyat dalam rangka menjalankan tugas pokok serta kewajibannya selaku Anggota Polri baik secara personal maupun Institusi.

Dalam pelaksanaan Commander Wish, Visi & Misi serta Program Prometer, ada banyak hal yang sangat ditekankan untuk perlu adanya perubahan serta pengembangan karena seiring dengan berkembangnya kwalitas hidup dan wawasan masyarakat dan kebutuhan teknologi, sehingga semua bisa seimbang dan seiring sejalan khususnya untuk proses penegakan hukum dan aturan-aturang yang berlaku.

Dalam berbagai kesempatan juga Kapolri Jend.Pol Drs. Tito Karnavian, M.A, Ph.D, selalu menegaskan bahwa Korps Polisi Wanita sangat diharapkan untuk dapat menjadi ujung tombak pelaksanaan Visi dan Misi, Commander Wish serta Program Promoter Polri sebagaimana dimaksud. Karena Korps Polisi Wanita juga adalah bagian dari Anggota Polri yang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang sama seperti anggota Polri laki-laki. Polwan memiliki banyak kelebihan-kelebihan yang tak dimiliki oleh para Polisi Laki-laki, terutama dalam hal kedekatan serta kebersamaan dengan mayarakat baik dalam giat-giat wajibnya sebagai anggota polisi maupun giat-giat sosial kemasyarakatan lainnya bersama masyarakat. Polwan sangat diharapkan dapat berperan ekstra maksimal dengan tanpa mengabaikan tugas-tugas mulia lainnya baik sebagai Ibu Rumah tangga maupun hal-hal lainnya sebagai kaum wanita.

Artikel ini sangat jauh dari upaya pencitraan Institusi Polri maupun untuk lebih menonjolkan maskulinitas dan eksklusifme, akan tetapi lebih pada bahan bacaan dan materi untuk kita semua supaya lebih mudah mendalami Program Prometer yang sementara di galakkan oleh Institusi Polri. agar terbangun kesamaan Visi dan Misi, Kesepahaman untuk membangun negeri dan mencintai Polri beserta para anggota-anggota Polisi dimanapun berada dan bertugas, serta sekaligus untuk counter isu negatif bagi pihak-pihak yang selalu memojokkan kenerja dan peranan polri bersama masyarakat.

Penulis         : Rexi

Editor           : Edi

Publisher     : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI https://ift.tt/2xIsE0n
via

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.