Header Ads

Etika Berpolitik dan Peran Polri

Tribratanews.kepri.polri.go.id -Dua Tahun yang akan datang Indonesia akan disibukkan dengan agenda politik besar yaitu pemilihan umum 2019 (Pilpres dan Pemilihan Legeslatif) Bahkan sebelum itupun, pada tahun 2018 akan dilakukan pemilihan kepala daerah/gubernur yang juga menyerap energi publik, tidak terkecuali energi dari pihak Kepolisian. Dalam setiap pemilihan Kepolisian selalu dituntut untuk maksimal dan Profesional dalam menjaga keamanan masyarakat agar adanya pesta Demokrasi tidak di cenderai dengan adanya gesekan – gesekan yang dapat mengakibatkan adanya korban materil bahkan korban jiwa. Selain menjaga jalannya pesta Demokrasi Polisi Juga di tuntut untuk metralitas terhadap pimilihan umum dimana dalam undang undang Personel Polri tidak diperbolehkan untuk ikut serta dalam pemilihan umum.

Pada dasarnya Pengendalian situasi dalam pesta Demokrasi ini tentu tidak hanya menjadi beban Kepolisian, karena pada dasarnya dalam penyelenggaraan tersebut ada KPU sebagai penyelenggara tentunya Polri juga di bantu oleh TNI dalam hal pengamanan pemilihan umum nantinya.

Dalam berpolitik baik peserta pemilu maupun masyarakat yang memilih diminta dapat memhami Adab dalam berpolitik hakikinya adalah damai dan sepenuhnya merupakan pilihan-pilihan yang beretika dari elit dan massa., dengan kebebasan berekspresi, namun beretika, tidak memaksakan kehendak, terlebih kekerasan. Kesadaran elit dan massa karenanya merupakan kunci demokrasi yang sehat, selain ditunjang pula oleh aturan main atau administrasi yang jelas dan adil.

Namun, kenyataan politik di Indonesia belum sepenuhnya memperlihatkan kedewasaan berdemokrasi. Hal yang membuat Kepolisian tidak hanya disibukkan dengan pengerahan kekuatan untuk pengendalian massa atau mendeteksi potensi gangguan keamanan. Namun juga berpotensi diseret dalam pusaran politik itu sendiri. Oleh karena itu Polri harus membuktikan dalam dua tahun kedepan pemilihan umum berjalan dengan baik, Lancar dan aman tanpa ada kendala apapun.

Penulis : Rexi
Editor : Edi
Publish : Tahang.

 



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2pn1Ocv
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.