Header Ads

Cegah Mendapatkan Informasi Abal-Abal, ini tipsnya !

Tribratanews.kepri.polri.go.id –

Media sosial saat ini menjadi raja media online karena mudah dan praktis oleh karena itu anda perlu mengetahui tips melawan hoax. Karena tips ini penting, agar anda dapat memilah dan memilih berita apa yang layak konsumsi dan yang tidak layak konsumsi. Karena saat ini banyak berita hoax sangatlah banyak, sehingga menimbulkan salah persepsi antar mengirim dan pembaca berita tersebut. Tidak perlu khawatir, kami akan membagikan tips melawan hoax untuk anda.

 

  1. 1. Perbanyak Wawasan

Dengan memperbanyak membaca buku, membaca artikel sehingga akan menambah wawasan untuk anda. Karena anda menjadi mengetahui, informasi apa yang fakta dan mana yang hoax. Wawasan bisa berupa membaca melalui buku, media cetak, website, media online maupun melihat media elektronik.

 

  1. 2. Cermati Alamat Situs

Untuk mendapatkan informasi yang sesuai dan melawan hoax, anda harus mencermati alamat URL yang dimaksud. Apabila informasi tersebut berasal dari situs yang belum terverifikasi, sebagai institusi resmi maka informasi diragukan.

 

  1. 3. Ikut Komunitas Melawan Hoax

Saat ini banyak grup atau komunitas yang melawan hoax biasanya mereka sama-sama mencari fakta atas berita yang di anggap salah. Berbagai grup melawan hoax di media sosial sangatlah beragam, digrup diskusi ini anda bisa menanyakan informasi tersebut hoax atau tidak. Dan juga melihat klarifikasi yang diberikan orang lain sehingga semua orang dapat memanfaatkan ini.

 

  1. 4. Jangan Ikut Membagikan Berita Belum Jelas

Jika anda belum mengetahui letak kebenarannya dengan jelas. Jangan ikut membagikannya, karena jika anda membagikannya anda termasuk memberikan info yang hoax pula. Dan jika itu berlanjut anda akan dianggap sebagai profokator atau penyebar berita hoax. Pastinya anda akan di protes banyak orang.

 

  1. 5. Periksa Fakta

Perhatikan dari mana berita itu berasal dari mana sumbernya dan jangan mudah percaya adanya informasi. Imbang atau tidaknya informasi tersebut apabila lebih dari satu sumber maka jika itu hanya satu sumber kebenarannya kurang terjamin. Hal lain yang perlu diamati adalah peranan berita fakta dan opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sedangkan opini pendapat dan kesan dari penulis sehingga informasi cenderung subyektif.

 

Sekian tadi adalah bebrapa tips melawan hoax untuk anda agar dapat mengantisipasi penyebaran informasi hoax yang terjadi. Dengan tips melawan hoax ini, tentunya anda dapat mencegah  untuk mendapatkan informasi abal-abal. Semoga 5 tips melawan hoax ini bermanfaat untuk anda.

Penulis : Yolan

Editor   : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2DKAQlV
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.