Header Ads

Keselamatan Dalam Berkendara

tribratanews.kepri.polri.go.id – Keselamatan saat berkendara di jalan raya merupakan hal paling penting. Banyak kecelakaan terjadi justru disebabkan oleh faktor kelalaian pengguna jalan. Hal ini disebabkan oleh tingkat kesadaran pengguna jalan raya yang semakin rendah. Padahal seharusnya faktor keselamatan di jalan raya yang harus diprioritaskan lebih dahulu dari pada kepentingan yang lain.

Banyak pengemudi maupun pengguna jalan lebih mementingkan selamat sampai tujuan  dengan berbagai alasan, sehingga pengguna jalan lebih sering berkendara dengan kecepatan tinggi dan kurang memikirkan faktor keselamatan diri sendiri maupun keselamatan pengguna jalan yang lain. Padahal jika bersabar dan saling menghormati tentu dapat meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi.

Penyebab tingginya gangguan dan kecelakaan di jalan raya juga disebabkan oleh tingkat kepatuhan terhadap rambu- rambu lalu lintas yang masih rendah. Menerobos lampu merah dan berhenti serta memarkiran kendaraan yang bukan ditempatnya masih sering ditemui sampai saat ini. Padahal lampu merah berguna untuk menjaga keselamatan pengguna jalan sendiri sedangkan tidak berhenti dan parkir ditempat yang dilarang untuk kelancaran serta tidak terjadi kemacetan.

Kalau kita perhatikan lebih teliti, bahwa sebagian besar faktor kecelakaan lalu lintas justru disebabkan oleh pelanggaran terhadap undang undang lalu lintas yang berlaku saat ini yaitu undang undang lalu lintas no 22 tahun 2009. Sehingga jika kita mematuhi undang undang lalu lintas tersebut tentu keselamatan saat berkendara akan terwujud.

Saat berkendara di jalan raya sebaiknya memperhatikan dan menjalankan berbagai faktor yang menunjang keselamatan dan kenyamanan saat melaju di jalan raya. Apalagi jika akan menempuh jarak jauh seperti pulang kampung misalnya, maka persiapan secara matang harus dilakukan dengan sebaik – baiknya.

Perlengkapan dan kelengkapan kendaraan yang selalu diperhatikan sebelum berkendara :

  1. Untuk kenyamanan dan ketenangan saat melaju di jalan raya sebaiknya memperhatikan dan memenuhi perlengkapan dan kelengkapan kendaraan,
  2. Membawa surat – surat kendaraan seperti SIM dan STNK, surat jalan, dan lainnya yang diperlukan.
  3. Cek kendaraan sebelum berangkat : Pastikan kendaraan anda dalam keadaan bagus baik mesin maupun navigasinya. Periksa juga tekanan angin pada setiap ban.

Persiapan sebelum menempuh perjalanan untuk keselamatan dan kenyamanan saat melaju di jalan raya, maka disarankan memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Cek kembali hal hal yang diperlukan untuk melaju di jalan raya, seperti Surat Ijin Mengemudi maupun perlengkapan yang lain.
  2. Bawalah perbekalan secukupnya dan sesuaikan dengan lama perjalanan.
  3. Pastikan kondisi kesehatan sedang dalam keadaan baik. Berkendara saat sedang sakit sangat tidak disarankan.
  4. Jika akan menempuh perjalanan yang cukup jauh sebaiknya tidak seorang diri.

Kedisiplinan dan kesabaran sangat menunjang keselamatan saat berkendara. Ngebut dan terburu – buru justru akan merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain, sehingga sebaiknya saling menghormati antar sesama pengguna jalan justru dapat menciptakan suasana aman dan menyenangkan di perjalanan.

Penulis : Rexi S

Editor  : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2FpuZ1A
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.