Header Ads

MENANGGULANGI KASUS CRIMINAL

tribratanews.kepri.polri.go.id – Indonesia adalah satu dari banyak Negara yang memiliki kasus criminal yang sangat banyak terjadi, bukan hanya terjadi dikalangan muda dan dewasa bahkan kasus criminal juga marak terjadi kepada anak – anak yang masih dibawah umur.

Motifnya pun bermacam – macam, karena kehilangan pekerjaan, kebutuhan ekonomi yang terdesak, kurangnya pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya,  kejahatan yang terjadi karena turun menurun, sifat jahat yang sudah melekat pada pelaku criminal, cacat mental dan akhlak, sifat kerpibadian, pemenuhan nafsu sesaat bahkan ada juga sebagian  dari para pelaku kasus criminal yang menganggap mencuri adalah profesi .

Baru – baru ini juga santer terdengar kabar kasus penculikan anak di lingkungan sekolah, sehingga membuat pihak sekolah dan orang tua khawatir terhadap murid dan anak-anaknya. Meskipun dilingkungan yang begitu ramai tidak akan menyurutkan motif para pelaku kejahatan untuk melanjutkan aksinya tersebut.

Begitu banyak kasus criminal yang patut kita waspadai seperti penganiayaan, penipuan, perjuadian, penggelapan, curanmor, kejahatan kesusilaan, pembunuhan, pemerkosaan dan penculikan. Pelaku Kejahatan ini sendiri terjadi bukan hanya dari orang yang tidak kenal melainkan orang yang dekat diantara kita juga dapat melakukan kejahatan criminal.

Untuk meningkatkan kinerja pencegahan kejahatan dalam rangka peneyelenggaraan keamanan, kebijakan, dan menanggulangi kasus criminal maka dari itu Polri membentuk strategi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan tugas polmas di semua titik sebaran pelayanan dengan kualitas pelayanan yang baik
  2. Memperkuat polsek sebagai pelayanan terdepan
  3. Melakukan penyuluhan – penyuluhan kepada masyarakat dalam berbagai aspek, serta melembagakan polmas diseluruh desa, komunitas, titik – titik keramaian atau pun tempat rawan tindak kejahatan guna dalam mendukung pencegahan kejahatan.
  4. Bekerja sama dengan instansi – instansi pemerintahan dalam pencegahan terjadinya kejahatan serta yang paling utama adalah bekerja sama dengan masyarakat seperti melaporkan situasi kamtibnas di wilayah masing – masing baik secara rutin, mengidentifikasi bersama masalah yang ada dilingkungan masing – masing serta mencari solusi pemecahan masalah jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dilingkungan masyarakat.

Kerja sama yang baik tentunya menghasilkan ketertiban dan kesejahteraan masyarakat, dan terciptanya hal tersebut tentu dimulai dari masyarakat yang sadar akan  lingkungan serta mau bekerja sama menindak kejahatan di sekitarnya.

Penulis : Rexi S

Editor  : Edi

Publish : Tahang

 



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2Grm7tI
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.