Header Ads

Cerdas dalam Memilih, Karena Pilihanmu adalah Jawaban untuk masa selanjutnya

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Setiap lini kehidupan mulai dari organisasi masyarakat hingga organisasi bisnis selalu membutuhkan sosok pemimpin. Sosok ini sangat penting bagi keberlanjutan dan kesuksesan organisasi tersebut. Dia adalah orang nomor satu yang paling bertanggung jawab terhadap berjalannya organisasi dan segala hal yang dihasilkan dari organisasi tersebut.

Pilkada serentak 2018 sudah didepanmata, tentu calon pemimpin dan wakilnya pun sudah menampakkan dan memperlihatkan kepada seluruh masyarakat bahwa mereka patut untuk menjabat sebagai Pimimpin. Sebagian besar organisasi memilih sosok pemimpin dengan cara voting atau pemilihan umum. Untuk itu meski anda hanya seorang anggota, namun perlu memiliki kecerdasan dalam memilih pemimpin yang baik. Berikut ini tips bagi Anda Cerdas Memilih seorang Pemimpin yang Baik.

  1. Mengenal Kepribadian calon Pemimpin
    Dalam memilih pemimpin yang baik, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kepribadian calon pemimpin. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai calon pemimpin yang akan anda pilih. Kenalilah bagimana dia bersikap di masyarakat dan lingkungan organisasi yang akan dipimpinnya.
  2. Memiliki Tujuan dan Tahu Cara Mencapainya
    Pemimpin yang memiliki visi merupakan pemimpin yang mempunyai pandangan hidup jauh dan bertekad membawa kelompoknya ke arah yang lebih baik. Pilihlah pemimpin yang memiliki visi dan misi realistisdan bukan hanya janji semata yang mustahil untuk direalisasikan.
  3. Seseorang yang Adil
    Pastikan bahwa calon pemimpin yang akan anda pilih adalah orang yang adil. Dia cenderung akan menempatkan segala sesuatu pada porsinya yang tepat. Meski keadilan adalah hal yang relatif, namun anda bisa mengetahuinya dengan cara bagaimana dia bersikap dan menentukan keputusan.
  4. Dapat Dipercaya
    Kepercayaan kepada seorang pemimpin mutlak sangat diperlukan agar organisasi tersebut bisa berjalan dengan lancar. Sosok pemimpin harus memiliki jiwa amanah sehingga dia tidak mungkin akan melakukan tindakan korup yang menguntungkan dirinya sendiri dan merugikan orang banyak.
  5. Sosok yang Bertanggung Jawab
    Tidak semua pemimpin bisa bertanggung jawab dengan baik. Meski dia telah mengatakan bahwa dia bertanggung jawab, namun kadangkala tidak ada tindakan nyata yang bisa dilakukan. Ingatlah bahwa bertanggungjawab tidak hanya di dalam ucapan saja, melainkan juga dilakukan dalam bentuk tindakan.

Misalnya ketika seorang pemimpin bisnis mengetahui bahwa aktifitas bisnisnya mengganggu kenyamanan masyarakat di sekitarnya. Maka tindakan tanggung jawab yang harus dilakukan adalah melakukan pendekatan dan memberikan kompensasi kepada masyarakat agar mereka menerima keberadaan bisnis tersebut.

Jangan pernah sekali-kali berpikiran untuk Golput (golongan putih) atau tidak    memilih. Ingat…! Satu suara kita menentukan bangsa dan daerah ini 5 tahun yang akan datang.

“Jadilah bangsa yang cerdas, pintar, dan berbudaya”.

Penulis : Yolan

Editor : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2ndMtXl
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.