Header Ads

Tips Menarik Agar Lulus Menjadi Polri

Tribatanews.kepri.polri.go.id – Menjadi polisi idaman para putra dan putri Indonesia, polisi memiliki tugas yang sangat memberanikan diri dalam berbagai hal. Menjadi kebanggaan jika ada diantara kita yang menjadi salah seorang anggota polisi.  Namun, kebanggaan itu akan kita dapat jika kita melakukan prosesnya dengan baik, karena dalam melakukan proses menjadi anggota polisi, banyak hal yang nantinya akan kita lakukan, serta membutuhkan mental dan kesabaran yang sangat tinggi.

Apabila hendak melakukan tes anggota kepolisian, anda harus mengetahui bagaimana trik agar bisa lulus. Berikut ini kami akan berbagi tips agar bisa lulus menjadi polisi.

  1. Ikuti Persyaratan Umum dengan Lengkap

Ada beberapa persyaratan umum yang harus anda lengkapi jika hendak mendaftar menjadi anggota polisi, yaitu:

– Merupakan warga negara Indonesia (Putra maupun Putri)

– Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

– Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

– Sehat Jasmani maupun Rohani

– Tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari Poltabes setempat

– wibawa, jujur, adil, serta berkelakukan baik

– Bersedia di tempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Beserta bersedia ditugaskan dibidang mana saja.

  1. Melengkapi Berkas

Setelah memenuhi beberapa persyaratan umum di atas, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melengkapi semua kelengkapan berkas administrasi yang dibutuhkan. Adapun berkas-berkas tersebut adalah:

– Surat permohonan menjadi anggota Polri

– Surat keterangan belum menikah

– Surat kesediaan ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

– Ijajah SD, SMP, SMA yang sudah di legalisir

  1. Seleksi Administrasi

Pada tahapan ini, semua berkas yang sudah diserahkan kepada pihak administrasi akan di cek kembali kelengkapannya, dan apabila masih ada berkas yang kurang, maka peserta diberi kesempatan untuk melengkapi kembali dengan catatan 1×24 jam.

  1. Seleksi Psikologi

Selah seleksi administrasi selesai dan anda dinyatakan lulus, maka seleksi selanjutnya yang akan anda lakukan adalah seleksi psikologi. Dalam seleksi ini anda akan dilihat tingkat IQ, sifat, kepribadian sehari-hari. Dan hampir 1/3 dari calon biasanya akan digugurkan karena yang dilihat dalam seleksi ini mana yang benar-benar berkompeten dan mana yang tidak.

  1. Seleksi Kesehatan Pertama

Setelah seleksi psikologi anda lakukan dengan baik dan dinyatakan lulus, maka selanjutnya anda akan melakukan seleksi kesehatan pertama.

  1. Seleksi Kemampuan Jasmani
  2. Test Kemampuan Kompetensi
  3. Seleksi Kesehatan Kedua
  4. Rapat Kelulusan
  5. Bedoa
  6. Pegumuman Kelulusn

Inilah beberapa tips agar bisa lulus Polri, semoga bermanfaat.

Penulis : Yolan

Editor   : Edi

Publish : Tahang

 



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2BzB3lO
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.