Header Ads

Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Raya

tribratanews.kepri.polri.go.id – Menjadi seorang pengendara yang baik dalam berkendara sepeda Motor dan Juga Mobil di Jalan Raya harus memahami dan mematuhi Peraturan dan Juga sikap yang disiplin di jalan raya, memang benar semua pengendara Ingin perjalanan yang nyaman, cepat dan Juga mudah, Namun juga perlu disadari bahwa jalanan bukan Milik Pribadi, banyak masyarakat  yang juga menggunakan jalan sebagai jalur tujuan mereka.  Sering kali petugas lalu lintas memberikan penyuluhan kepada masyarakat atau pun himbauan bagaimana cara berkendara yang baik sebelum berkendara dengan tujuan yang jauh. Beberapa  hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara sepeda motor dan mobil yaitu :

  1. Periksa Kendaraan Sepeda Motor dan Mobil

Yang pertama yaitu dengan memeriksa mesin kendaraan, dan juga perlengkapan yang harus dibawa, seperti Check Keadaan mesin, kemudian Cek perlengkapan Motor seperti spion, Helm, dan juga perlengkapan keamanan lainnya. Serta harus selalu membawa SIM dan STNK kendaraan.

  1. Atur Posisi Mengemudi

Untuk pengendara Motor dan juga Mobil juga harus tahu bagaimana cara mengatur posisi mengemudi yang baik itu seperti apa, kalau bisa atur terlebih dahulu posisi duduk yang nyaman dan tidak membuat menjadi pegal, Kram dan juga selainnya.

  1. Gunakan sabuk pengaman

kalau menggunakan mobil jangan lupa untuk menggunakan Sabuk pengaman, sabuk pengaman ini fungsinya bukan untuk hiasan namun untuk melindungi dari bahaya dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Ikuti Arus Lalu Lintas

Yang keempat sebagai pengendara yang disiplin harus mengikuti arus lalu lintas dan juga rambu-rambu lalu lintas yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan. Karena jika melanggar peraturan lalu lintas bisa saja membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

  1. Atur Kecepatan Berkendara

Yang kelima yaitu dengan mengatur kecepatan dalam berkendara. Dalam aturan setiap berkendara memiliki batas kecepatan yang telah diatur. Jika berkendara dengan  kecepatan tinggi, dapat memicu kecelakaan lalu lintas karena sulit untuk mengendalikan kendaraan.

Penulis : Rexi S

Editor  : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2DVgJ3m
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.