Header Ads

Tugas Polri Yang Kurang Di Pahami Masyarakat

Tribratanews.kepri.polri.go.id – Jika disebutkan tugas polisi maka yang terlintas di benak masyarakat adalah melindungi masyarakat dari tindak kejahatan dan juga mengatur lalu lintas di jalan raya. Padahal tugas polisi begitu kompleks meskipun tujuan utamanya adalah mengayomi masyarakat. Polisi memang aparatur pelindung negara yang bertugas melayani masyarakat yang membutuhkan ketenangan, keamanan, dan ketenteraman dalam hidup di Indonesia. Akan tetapi tak banyak yang tahu bahwa polisi juga sering membantu masyarakat di luar tugasnya tersebut. Berikut ini beberapa tugas polisi yang kurang dipahami masyarakat.

  1. Memberi Pelajaran Tambahan Bagi Pelajar

Polisi aktif dalam memberikan edukasi bagi anak sekolah untuk selalu bertindak disiplin dan mengikuti aturan yang telah diterapkan. Polisi akan bertugas ke sekolah-sekolah di berbagai daerah untuk mengenalkan akan bahaya yang sedang dihadapi dan memberikan batasan pada pelajar akan perilaku saat berada di luar sekolah. Umumnya polisi akan memberikan edukasi akan pentingnya berkendara dengan selamat di jalan, bahaya narkotika, dan bahaya pergaulan bebas. Faktanya, edukasi yang diberikan oleh polisi banyak berpengaruh dan lebih mengena di hati para pelajar sehingga mereka mendapatkan pengetahuan baru yang disampaikan oleh kepolisian.

  1. Mengatur Lalu Lintas saat Musim Liburan Besar

Pada saat liburan besar seperti hari raya pasti semua pekerjaan diliburkan akan tetapi terdapat beberapa instansi yang tetap membuka layanan seperti kepolisian. Bahkan pada saat liburan tersebut mereka akan mendapatkan tugas berlipat terutama dalam menjaga lalu lintas para pemudik yang melakukan perjalanan jauh. Beratnya di saat banyak orang libur dan berkumpul dengan keluarganya, mereka justru sibuk menjalankan tugasnya yakni menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat. Oleh karena itulah tak mudah untuk membayangkan beratnya tugas seorang polisi pada saat musim liburan.

  1. Membantu Mengamankan Wilayah Bencana

Siapakah orang yang rela naik gunung demi mencari korban kecelakaan pesawat? Siapakah orang yang rela menempuh perjalanan darat hingga berhari-hari untuk menolong korban bencana alam? Dan siapakah orang yang rela berhadapan dengan maut di alam hanya untuk menyelamatkan orang lain? Tak ada yang memperhatikan hal tersebut. Padahal semuanya merupakan tugas seorang polisi. Dimanapun terdapat bencana maka disanalah kita akan melihat petugas kepolisian sedang bersiaga.

Penulis : Yolan

Editor   : Edi

Publish : Tahang



from TRIBRATANEWS POLDA KEPRI http://ift.tt/2rMO6Rl
via IFTTT

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.